KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA SECARA DARING DI KELAS X SMA

Penulis

  • Khamidatul Khasanah Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.13436

Kata Kunci:

Keterampilan komunikasi, pembelajaran daring, fisika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan komunikasi siswa pada saat pembelajaran daring. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMA N 1 Bangsri sebanyak 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2021 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan angket melalui link google form. Angket tersebut mengacu pada 5 indikator, yaitu: menciptakan suasana saat diskusi, menyesuaikan pilihan kata, volume dan intonasi suara, menyampaikan ide/hasil secara jelas, efektif dan sistematis, dapat melihat kemampuan temannya dalam berkomunikasi, dan dapat mengevaluasi materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi siswa yaitu sebesar 28% dengan dalam kategori rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-15

Cara Mengutip

Khasanah, K. . (2021). KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA SECARA DARING DI KELAS X SMA. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 84–87. https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.13436