PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i1.19156Kata Kunci:
Hasil Belajar, Media Ular Tangga, Model CTLAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CTL berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MIPA Putri MA di Pamekasan, sedangkan sampel terdiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran model CTL dengan bantuan media ular tangga sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model Discovery Learning (DL). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes hasil belajar fisika siswa dalam ranah kognitif C1-C4 berupa soal pilihan ganda. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Ancova dengan hasil pretest sebagai variabel kontrolnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar <0.001 (<0.05) yang artinya model CTL berbantuan media ular tangga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Dewi, P. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concept. Internatioanal Journal of Education and Learning, 1(1).
Dimyati, & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Firman, & Maisyarah, E. (2019). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Researchgate.Net.
Hakim, S., Wahyudi, & Verawati, N. N. (2018, June). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Attohiriyah Bodak. Jurnal Kependidikan fisika, VI, 1-7.
Hanafi, & Suhana, C. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika.
Hapizoh, A., Jurida, & Damaji. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Motivasi Siswa di Kelas VII SMPN 30 Muaro Jambi. EduFisika.
Huda, N., Hikmawati, & Kosim. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pijar Mipa.
Nugroho, A., Raharjo, T., & Wahyuningsih. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika.
Permatasari, I., Jamzuri, J., & Wahyuningsih, D. (2013). Penerapan Media Mind Mapping Program pada Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI.A2 SMA Negeri 4 Surakarta. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret.
Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, & Dua Getan, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran.
Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Jakarta: Alfabeta.
Sandi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Visual dan Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Adiktif. SKRIPSI, Universitas Tanjungpura Pontianak.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & B. Bandung: Alfabeta.
Sundari, T., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2017, August). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Dengan Media Ular Tangga Fisika Terhadap Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMPN 10 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, I(1), 106-113.
Suprianto, Kholida, S. I., & Andi, H. J. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.
Sutardi, D., & Sudirjo, E. (2007). Pembaharuan Dalam PBM di SD. Bandung: Upi press.
Wildani, A., Budiyono, A., & Zaitun. (2021, Desemberr). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), VII(2).
Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018, March). Pengaruh Metode Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, V(1), 11-18.
Yulinar, D., Tandililing, E., & Mahmuda, D. (n.d.). Efektifitas Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Suhu.
Yuwandra, R., & Arnawa, I. M. (2020). Development of learning tools based on contextual teaching and learning in fifth grade of primary schools. Journal of Physics: Conference Series, I.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Mailulatul Millah, Arin Wildani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.