PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS SIMULASI PhET UNTUK MENENTUKAN WAKTU PARUH

Penulis

  • Venny Marlina a:1:{s:5:"en_US";s:21:"Universitas Sriwijaya";}

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.22314

Kata Kunci:

Simulasi PhET, Waktu Paruh, Peluruhan

Abstrak

PhET Simulation adalah alat pembelajaran yang mengubah rangkaian percobaan menjadi perangkat lunak interaktif berbasis multimedia yang dapat mensimulasikan kegiatan laboratorium, memungkinkan pengguna untuk menggunakan alat praktis di laboratorium nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat peluruhan isotop karbon-14 dan uranium-238 selama waktu paruh pertama, kedua, dan ketiga, serta menentukan keakuratan percobaan yang dilakukan dalam simulasi PhET. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan virtual lab dengan simulasi PhET. Hasil penelitian yang didapat yaitu simulasi PhET memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Akurasi percobaan isotop 14C adalah 96,47%. Akurasi isotop 238U adalah 94,77%. Oleh karena itu, laboratorium virtual berbasis simulasi PhET untuk menghitung waktu paruh dapat digunakan sebagai solusi media pembelajaran yang relevan untuk menjelaskan peluruhan isotop karbon-14 dan uranium-238, sehingga mengedepankan fisika modern bersifat abstrak bisa dianalisis dan diamati sehingga menjadi menarik untuk dipelajari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfares, N. (2021). The Effect of Problem Based Learning on Students Problem Solving Self Efficacy Throught Blackboard System in Higher Education. International Journal of Education and Practice, 9(1), 185–200. https://doi.org/10.18488/journal.61.2021.91.185.200

Badu, T. K., & Ikbal, M. S. (2020). Differences in Students Understanding of Physics Concepts Through the Problem Based Learning Model and Concept Based Interactive Learning. UJES (Uniqbu Journal of Exact Sciences), 1(2), 40–45.

Budhi, W., & Suwarni, S. (2019). Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability on Science. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012135

Ericson, J. D. (2021). Mapping the Relationship Between Critical Thinking and Design Thinking. Journal of the Knowledge Economy, 19(1), 1–24. https://doi.org/10.1007/s13132-021-00733-w

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. N. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). New York : Mc Graw Hill.

Hasanah, T. A. N., Huda, C., & Kurniawati, M. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Gelombang Bunyi Untuk Siswa SMA Kelas XII. Momentum: Physics Education Journal, 1(1), 56–65.

Hursen, C. (2021). The Effect of Problem-Based Learning Method Supported by Web 2.0 Tools on Academic Achievement and Critical Thinking Skills in Teacher Education. Technology, Knowledge and Learning, 26(3), 515–533. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09458-2

Khudriyah. (2021). Metodologi Penelitian dan Statistik Pendidikan (1st ed.). Malang: Madani.

Koroh, T. R., Ly, P., & Email, C. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, Universitas Nusa Cendana, 6(1), 126–132.

Lasmana, A., Qadar, R., & Syam, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran OIDDE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMAN 2 Berau Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(01), 11–18. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.73

Mahanal, S. (2019). RICOSRE : A Learning Model to Develop Critical Thinking Skills for Students with Different Academic Abilities. International Journal of Instruction, 12(2), 417–434.

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 3(2), 127–135.

Syahidi, K., Hizbi, T., Hidayanti, A., & Fartina. (2020). The Effect of PBL Model Based Local Wisdom Towards Students Learning Achievements on Critical Thinking Skills. Kasuari : Physics Education Journal ( KPEJ ) Universitas Papua, 3(1), 61–68.

Thadsaniyom, C., & Sangpradit, T. (2019). The Effects of Science Learning Unit Using Problem Based Learning About Local Sugarcane on 9th Grade Students Critical Thinking Ability. AIP Conference Proceedings, 2081(3), 1–7. https://doi.org/10.1063/1.5094008

Widiawati, L., Joyoatmojo, S., & Sudiyanto. (2018). Higher Order Thinking Skills As Effect of Problem Based Learning in The 21st Century Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 96–105. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/223

Yolanda, F. (2019). The Effect of Problem Based Learning on Mathematical Critical Thinking Skills of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1397(2), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1397/1/012082

Zaidah, A., Sukarmin, & Sunarno, W. (2018). The Effect of Physics Based Scientific Learning on the Improvement of the Students Critical Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1), 1–5.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Marlina, V. (2022). PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS SIMULASI PhET UNTUK MENENTUKAN WAKTU PARUH. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 214–221. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.22314