STUDI PUSTAKA: PENGAWASAN AKADEMIK OLEH KEPALA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIK
DOI:
https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i1.22615Kata Kunci:
Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kualitas Pendidik, Pengawasan AkademikAbstrak
Supervisi akademik merupakan salah satu tugas pokok dan tanggung jawab kepala sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat supervisi akademik dalam pendidikan fisika dan kualitas pendidikan. Kualitas pendidik merupakan topik pembahasan dalam suatu manajemen pendidikan. Pendidik berperan dalam peningkatan mutu pendidikan, karena pendidik merupakan pihak yang ikut serta dalam proses belajar mengajar dan paling dekat dengan peserta didik. Pengawasan kepemimpinan akademik berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan, dalam hal ini pemberdayaan kepemimpinan pendidikan dapat meningkatkan kemampuan fungsional agar kepala sekolah dapat mengabdi sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawabnya yang mampu mengelola seluruh kegiatan sekolah sehingga dapat berjalan dengan baik dan berfungsi optimal. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang melihat permasalahan disekitarnya.
Unduhan
Referensi
Agustina, A., Ibrahim, M. M., & Maulana, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Mtsn Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Idaarah, 4(1), 111-118.
Anshori, Muslich., Iswati, Sri. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press
Anwar, K. (2018). Peran sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 41-56.
Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Jaya, H., & Husna, S. M. (2022). Analysis of Teacher Responses to the Use of Web-based Assessment to Assess Students' Attitudes towards Science Subjects. Integrated Science Education Journal, 3(3), 66-71.
Dermawati, D. (2021). Academic Supervision: The Efforts to Improve Teachers' Abilities in Implementing Standards of Learning Process. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 434-448. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.518
Dullas, L. D., & Soliven, S. R. (2021). High school mathematics teachers’ competence on the contents of a quantitative research paper. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1202–1212. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.21574
Ebiati, E. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Dengan Certainty Of Response Index Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(3), 112-116.
Elliani, F. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Studi Di Sd Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar). At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam,10(2) 174-181.
Fives, H., & Gill, M. G. (Eds.). (2015). International handbook of research on teachers' beliefs.
Gitomer, D. H., & Zisk, R. C. (2015). Knowing What Teachers Know. Review of Research in Education, 39(1), 1–53. https://doi.org/10.3102/0091732X14557001
Glickman, C.D., Gordon, S.P., & Ross-Gordon, J.M. (2010). Supervision and instructional leadership: a developmental approach (11th ed). Boston: Allyn and Bacon
Handayani, M. (2016). Pencapaian standar nasional pendidikan berdasarkan hasil akreditasi SMA Di provinsi dki Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 179-201.
Hattie, J. (2012). Visible learning for teachers: Maximizing impact on learning. Routledge.
Suhayati, I. Y. (2013). Supervisi akademik kepala sekolah, budaya sekolah dan kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1).
Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75-85.
Jannah, L. M. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Rajawali Press.
Junaidi, J., & Fadillah, P. (2022). The Effect of the Shopee Application on Local Goods Using the Love of the Motherland Character in Class VI Elementary School Students. Journal of Basic Education Research, 3(3), 91-98
Keller, M. M., Goetz, T., Becker, E. S., Morger, V., & Hensley, L. (2014). Feeling and showing: A new conceptualization of dispositional teacher enthusiasm and its relation to students’ interest. Learning and Instruction, 33, 29–38. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2014.03.001
Kleickmann, T., Richter, D., Kunter, M., Elsner, J., Besser, M., Krauss, S., & Baumert, J. (2013). Teachers’ Content Knowledge and Pedagogical Content Knowledge: The Role of Structural Differences in Teacher Education. Journal of Teacher Education, 64(1), 90–106. https://doi.org/10.1177/0022487112460398
Klieme, E., Pauli, C., & Reusser, K. (2009). The Pythagoras study: Investigating effects of teaching and learning in Swiss and German mathematics classrooms. The power of video studies in investigating teaching and learning in the classroom, (s 137), 160.
Larasati, A.M., & Bejo, S. (2014). Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 269 Jakarta (2013). Jurnal Improvement. 1(1).
Marhawati, B. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 71-76.
Muslim, S. B. (2010). Supervisi pendidikan meningkatkan kualitas profesionalisme guru. Bandung: Penerbit Alfabeta
Navaridas-Nalda, F., Clavel-San Emeterio, M., Fernández-Ortiz, R., & Arias-Oliva, M. (2020). The strategic influence of school principal leadership in the digital transformation of schools. Computers in Human Behavior, 112, 106481. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106481
Nadori, S., & Hoyi, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Aurora 3D Materi Pengukuran. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(3), 78-82.
Novianti, H. (2015). Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(2).
Okendu, J. N. (2012). The influence of instructional process and supervision on academic performance of secondary school students of Rivers State, Nigeria. Academic Research International, 3(1), 332.
Prasojo, L. D. & Sudiyono. (2011). Supervisi pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Prihono, H. (2014). Model supervisi akademik berbasis evaluasi diri melalui MGMP sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMK di kabupaten wonogiri. Educational Management, 3(2).
Purbasari, M. (2015). Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru di sekolah dasar. Journal of elementary education, 4(1), 46-52.
Rimm-Kaufman, S. E., & Hamre, B. K. (2010). The role of psychological and developmental science in efforts to improve teacher quality. Teachers College Record, 112(12), 2988-3023. https://doi.org/10.1177/016146811011201204
Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif. Yogyakarta: DeePublish
Syaiful, S, 2013. Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar, Bandung: Alphabeta.
Shen, J., Ma, X., Mansberger, N., Wu, H., Palmer, L. A. B., Poppink, S., & Reeves, P. L. (2021). The relationship between growth in principal leadership and growth in school performance: The teacher perspective. Studies in Educational Evaluation, 70, 101023. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101023
Suhara, Y. I., Siska, N. D., Fadilah, A. F., & Supriyadi, M. A. (2022). Comparative Analysis of Electronic Modules with Print Modules in Social Studies Learning to See Environmental Care Character Indicators. Journal of Basic Education Research, 3(3), 69-75
Surani, D. (2019, May). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 456-469).
Suryani. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Min Sukadamai Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 16(1), 23–42.
Susetya, B. (2017). Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik di SD N Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), 134-141.
Yada, T., & Jäppinen, A. K. (2022). Principals’ perceptions about collective competences in shared leadership contexts. Teaching and Teacher Education: Leadership and Professional Development, 1, 100012. https://doi.org/10.1016/j.tatelp.2022.100012
Yasykur, M. (2019). Supervisi Akademik Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bina Manfaat Ilmu Jurnal Pendidikan,2(4), 685-728
Yusra, D. M., Citra, Y. D., & Rosnita, R. (2023). Explicit Instruction Based E-Module Development on Momentum and Impulsive Material. Integrated Science Education Journal, 4(1), 14-19.
Zee, M., & Koomen, H. M. (2016). Teacher self-efficacy and its effects on classroom processes, student academic adjustment, and teacher well-being: A synthesis of 40 years of research. Review of Educational research, 86(4), 981-1015.
Zheng, Q., Li, L., Chen, H., & Loeb, S. (2017). What aspects of principal leadership are most highly correlated with school outcomes in China?. Educational Administration Quarterly, 53(3), 409-447. https://doi.org/10.1177/0013161X17706152
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fauziah Yolviansyah; Hermanto Hermanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.