THE RELATIONSHIP OF TEACHER TEACHING SKILLS AND LEARNING INTERESTS OF PHYSICS STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL

Penulis

  • Febri Tia Aldila Universitas Negeri Yogyakarta
  • Endah Febri Setiya Rini Universitas Sebelas Maret
  • Sri Wina Octavia Universitas Jambi
  • Hikma Nur Khaidah Universitas Jambi
  • Feliza Paramitha Sinaga Universitas Jambi
  • Neni Septiani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i1.24864

Kata Kunci:

keterampilan mengajar, minat belajar siswa, guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa fisika  SMA N 2 Batanghari. Metode yang digunakan adalah metode kuanlitatif, jenis penelitian yang dipakai yaitu korelasional, sampel pada penelitian ini guru dan siswa SMA N 2 Batanghari, instrument yang digunakan berupa angket, dan Teknik analis datanya yaitu statistic deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru fisika dan minat belajar siswa fisika memiliki hubungan yang signifikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bagja Sulfemi, W., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 1–19.

Darling-Hammond, L., & Snowden, J. B.-. (2009). Guru yang Baik di Setiap Kelas. PT Indeks.

Febriyanti, C. (2014). Peran Minat Dan Interaksi Siswa Dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 4(3), 245–254.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Iskandar, W. (2019). Kemampuan Guru Dalam Berkomunikasi Terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa di SDIT Ummi Darussalam Bandar Setia. Jurnal Pendidikan Dasar Vol., 3(2), 135–149.

Kusnadi. (2008). Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan. Yayasan Pusaka Riau.

Maswar, M. (2017). Analisis Statistik Deskriptif Nilai UAS Ekonomitrika Mahasiswa dengan Program SPSS 23 & Eviews 8.1. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 273–292. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.54

Mohsin, A. (2021). A Manual for Selecting Sampling Techniques in Research. University of Karachi, Iqra. University. Munich Personal RePEC Archive, 2016, 1–56.

Slameto. (2007). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT.Rineka cipta.

Syukri, I. I. F., Rizal, S. S., & Al Hamdani, M. D. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 17. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.358

Wahyuni, L. (2015). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 11 Tahun Ke IV, 1–17.

Yulianingsih, D., & Lumban Gaol, S. M. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 103–122. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47

Diterbitkan

2023-05-04

Cara Mengutip

Aldila, F. T., Rini, E. F. S., Octavia, S. W., Khaidah, H. N., Sinaga, F. P., & Septiani, N. (2023). THE RELATIONSHIP OF TEACHER TEACHING SKILLS AND LEARNING INTERESTS OF PHYSICS STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 101–105. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i1.24864