LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP: PERBANDINGAN GAMBIA DAN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.26533Kata Kunci:
Hasil belajar, Literasi digital, Pembelajaran IPAAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gerak di SMP Negeri 19 Kota Jambi dan SD Nyakoi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel sebanyak 45 siswa kelas VII di setiap sekolah. Data dikumpulkan melalui penggunaan angket yang mengukur variabel literasi digital dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi digital siswa di Indonesia dan Gambia berada pada kategori cukup baik. Demikian pula hasil belajar siswa di kedua negara tersebut juga berada pada kategori cukup baik. Uji normalitas dan uji linieritas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier. Uji regresi menunjukkan adanya pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa di kedua sekolah, dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05.
Unduhan
Referensi
Abbas, Q., Hussain, S., & Rasool, S. (2019). Digital Literacy Effect on the Academic Performance of Students at Higher Education Level in Pakistan. Global Social Sciences Review, IV(I), 108–116. https://doi.org/10.31703/gssr.2019(iv-i).14
Agustina, W., & Noor, F. (2016). Hubungan hasil belajar dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 191–200.
Anggeraini, Y., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Bharati, D. A. L. (2019). Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 386–389.
Anita, D., & Bentri, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran IPA Kelas VII di MTsN 3 Kerinci. Jurnal Family Education, 03(3), 296–309. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.128
Blau, I., Shamir-Inbal, T., & Avdiel, O. (2020). How does the pedagogical design of a technology-enhanced collaborative academic course promote digital literacies, self-regulation, and perceived learning of students? Internet and Higher Education, 45, 1–33. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2019.100722
Dewi, C. A., Pahriah, P., & Purmadi, A. (2021). The Urgency of Digital Literacy for Generation Z Students in Chemistry Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(11), 88–103. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i11.19871
Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–10. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17390
Ernawati, M. D. W., Asrial, Perdana, R., Septi, S. E., & Rahmi. (2021). Evaluation of Students’ Attitudes and Science Process Skills toward Middle School Science Subject in Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(2), 258–274. http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v11.i2.202110
Fatima, U., Junchao, Z., & Khan, D. (2020). Quality Assurance Frameworks Comparisons in HEIs of Pakistan and China. The European Journal of Educational Sciences, 07(02), 17–36. https://doi.org/10.19044/ejes.v7no2a2
Fernando, F., Patrizia, G., & Tiziana, G. (2020). Online Learning and Emergency Remote Teaching : Opportunities and Challenges in Emergency Situations. Societies, 10(4), 1–18. www.mdpi.com/journal/societies
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi Kelima). Universitas Diponegoro.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417
Husna, A., Hasan, M., Mustafa, Syukri, M., & Yusrizal. (2020). Pengembangan modul fisika berbasis integrasi Islam-sains pada materi gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 55–66.
Imaduddina, M., & Khafidin, Z. (2018). Ayo Belajar IPA dari Ulama:Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issuesdi Abad ke-21. Jurnal Thabiea, 01(02), 102–120.
Ismanto, I. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 211–236.
Jan, S. (2018). Gender, school and class wise differences in level of Digital literacy among secondary school students in Pakistan. Issues and Trends in Educational Technology, 6(1), 15–27.
Jufri, A. W., Ramdani, A., Gunawan, Bahtiar, I., & Wildan. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru IPA Kota Mataram dalam Memfasilitasi Penguasaan Keterampilan Abad Ke 21 Siswa SMP. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1), 1–6.
Kajin, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif di MTs N Mojosari dan MTs N Sooko Mojokerto. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 2(1), 133–142. https://doi.org/10.32616/pgr.v2.1.119.133-142
Kamid, K., Rohati, R., Rahmalisa, Y., Anggo, M., Septi, S. E., Azzahra, M. Z., & Nawahdani, A. M. (2021). Engklek Game †in mathematics : How difference and relationship student attitude towards science process skills ? Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(6), 3109–3123. https://doi.org/https://doi.org/10.18844/cjes.v16i6.6500
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D
MaisonMaison, Kurniawan, D. A., & Pratiwi, N. I. S. (2020). Pendidikan sains di sekolah menengah pertama perkotaan: Bagaimana sikap dan keaktifan belajar siswa terhadap sains? Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 135–145.
Masropah, S. M., Juhanda, A., & Ramdhan, B. (2022). Analisis Keterampilan Literasi Digital Siswa SMA melalui Penggunaan Google Lens pada Konsep Tumbuhan Berbasis Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 08(03), 115–124.
Maulana, M. (2015). Definisi, Manfaat, dan Elemen Penting Literasi Digital. Seorang Pustakawan Blogger, 1(2), 1–12.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9–16.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.
Octavia, S. W., Septiani, N., Sinaga, F., & Qoidah, N. N. (2023). Analysis Of The Relationship In Learning Interest To Learning Outcomes Static Fluid Material In Senior High School. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 7(1), 22–26.
Qoidah, N. N., Surya, S., & Hidayat, M. (2021). Investigasi Metode Mengajar Guru di SMA N 2 Batanghari pada Pembelajaran Fisika. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 138–142.
Ricoy, M. C., & Sánchez-MartÃnez, C. (2022). Raising Ecological Awareness and Digital Literacy in Primary School Children through Gamification. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(3), 1–19. https://doi.org/10.3390/ijerph19031149
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish.
Rodrigues, M., & Carvalho, P. S. (2022). Virtual experimental activities: a new approach. Physics Education, 57(4), 1–11. https://doi.org/10.1088/1361-6552/ac5f77
Sari, S., Amanda, A. F., & Wulandari, Y. (2022). Literasi Digital: Dampak Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa: Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar, 1(2), 118–128.
Septi, S. E., Deswalman, D., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(2), 10–18.
Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi literasi digital dalam menyongsong siswa sekolah dasar menuju generasi emas tahun 2045. In SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 411–427.
Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953
Sinaga, F. P., Jurhana, J., Yusrita, Y., & Hidayat, M. H. M. (2023). Analisis Penggunaan Metode Mengajar (Metode Demonstrasi, Metode Eksperimen, Metode Inquiry, dan Metode Discovery di SMA Negeri 11 Kota Jambi). Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(2), 103–110.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development. Cetakan kedua. Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(1), 1–12.
Sutiman, Sofyan, H., Soenarto, Mutohhari, F., & Nurtanto, M. (2022). Students’ Career Decision-Making During Online Learning: The Mediating Roles of Self-Efficacy in Vocational Education. European Journal of Educational Research, 11(3), 1669–1682.
Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya.
Vito, B., Krisnani, H., & Resnawaty, R. (2015). Kesenjangan pendidikan desa dan kota. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2)., 2(2), 247–251.
Wulandari, C., & Efendi, D. (2022). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(6), 1–15.
Yufrinalis, M., & Tiring, S. S. N. D. (2022). Online Learning Participation after the Covid-19 Pandemic in Sikka Regency, Eastern Indonesia. Education Quarterly Reviews, 5(4), 136–145. https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.04.580
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nikma Nur Qoidah, Muhammad Sofyan Zain, Al Fajri Adha, Eunic Lawrenc

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.