THE INFLUENCE OF A GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ON STUDENT MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES ON SOLAR SYSTEM MATERIAL

Penulis

  • Nadia Natalia Simamora Universitas Negeri Yogyakarta
  • Derek F. Jackson Kimball California State University
  • Rizki Catur Dimas Maulana UIN SATU Tulungagung
  • Nani Sunarmi UIN SATU Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v9i1.29681

Kata Kunci:

Guided inquiry, Learning Outcomes, Motivation

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Piyungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen berbentuk Nonequivalent Control Grub Design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Piyungan kelas VII dengan topik Tata Surya. Kuesioner dan soal tes digunakan untuk mengumpulkan data. Uji Paired Sample t-test dan uji MANOVA digunakan dalam proses analisis data. Temuan penyelidikan ini menunjukkan bahwa penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan sebagai berikut, berdasarkan rumusan masalah, usulan hipotesis penelitian, hasil penelitian, dan analisis hasil tersebut dengan menggunakan program SPSS 22.0 for Windows. Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing di SMP Negeri 2 Piyungan berdampak pada keinginan siswa kelas VII dalam menguasai kurikulum Tata Surya. Sesuai dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asmawati, E., & Bintang Kejora, M. T. (2020). The effect of using simple aircraft concrete media on the mastery of concepts in inquiry science learning in elementary school students. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12(2), 150-168.

Elfeky, A. I. M., Masadeh, T. S. Y., & Elbyaly, M. Y. H. (2020). Advance organizers in flipped classroom via e-learning management system and the promotion of integrated science process skills. Thinking Skills and Creativity, 35, 100622.

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in learning. Asian Journal of Education and social studies, 10(4), 16-37.

Fitriyani, R., Haryani, S., & Susatyo, E. B. (2017). Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).

Gbollie, C., & Keamu, H. P. (2017). Student academic performance: The role of motivation, strategies, and perceived factors hindering Liberian junior and senior high school students learning. Education Research International. https://doi.org/10.1155/2017/1789084

Gunawan, G., Harjono, A., Nisyah, M. A., Kusdiastuti, M., & Herayanti, L. (2020). Improving Students' Problem-Solving Skills Using Inquiry Learning Model Combined with Advance Organizer. International Journal of Instruction, 13(4), 427-442.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1). https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2018.

Karsono, K. (2017). Pengaruh penggunaan LKS berbasis hots terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 121087.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Kurniawan, A., Rahmiati, D., Marhento, G., Suryani, N. Y., Jalal, N. M., Daniarti, Y., ... & Artiani, L. E. (2022). Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (Scl). Wiyata Bestari Samasta.

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553-3564.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1-10.

Margunayasa, I. G., Dantes, N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2019). The Effect of Guided Inquiry Learning and Cognitive Style on Science Learning Achievement. International Journal of Instruction, 12(1), 737-750.

Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi fotosintesis kelas XII IPA Di SMA Yadika Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 91-104.

Nurmayani, L., & Nurmayani, L. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Putra, F., Nur Kholifah, I. Y., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). 5E-learning cycle strategy: Increasing conceptual understanding and learning motivation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 171.

Rahayu, A. B., Hadi, S., Istyadji, M., Zaini, M., Sholahuddin, A., & Fahmi, F. (2018). Development of guided inquiry-based learning devices to improve student learning outcomes in science materials in middle school. European Journal of Alternative Education Studies.

Roscher, R., Bohn, B., Duarte, M. F., & Garcke, J. (2020). Explainable machine learning for scientific insights and discoveries. Ieee Access, 8, 42200-42216.

Saefudin, A., & Saputri, A. E. (2018). Interpreting scientific approach in natural science subject for elementary school: An integrative study. Unnes Science Education Journal, 7(1).

Seven, M. A. (2020). Motivation in Language Learning and Teaching. African Educational Research Journal, 8, 62-71.

Shrivastava, P., Smith, M. S., O’Brien, K., & Zsolnai, L. (2020). Transforming sustainability science to generate positive social and environmental change globally. One Earth, 2(4), 329-340.

Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195-205.

Stender, A., Schwichow, M., Zimmerman, C., & Härtig, H. (2018). Making inquiry-based science learning visible: the influence of CVS and cognitive skills on content knowledge learning in guided inquiry. International Journal of Science Education, 40(15), 1812-1831.

Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model pembelajaran numbered heads together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 427-433.

Suryawati, E., & Osman, K. (2017). Contextual learning: Innovative approach towards the development of students’ scientific attitude and natural science performance. Eurasia Journal of mathematics, science and technology education, 14(1), 61-76.

Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online learning through WhatsApp group in improving learning motivation in the era and post pandemic COVID-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 852-859.

Syamsu, F. D. (2018). Pengembangan penuntun praktikum ipa berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa smp siswa kelas vii semester genap. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2).

Tshitoyan, V., Dagdelen, J., Weston, L., Dunn, A., Rong, Z., Kononova, O., ... & Jain, A. (2019). Unsupervised word embeddings capture latent knowledge from materials science literature. Nature, 571(7763), 95-98.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish.

Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Education Action Research, 5(1), 126-132.

Wati, R. Y., Ningrat, H. K., & Didik, L. A. (2021). Pembelajaran fisika berbasis CTL melalui metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi tata surya. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 40-49.

Yanto, B. E., Subali, B., & Suyanto, S. (2019). Improving Students' Scientific Reasoning Skills through the Three Levels of Inquiry. International Journal of Instruction, 12(4), 689-704.

Yu, R., & Singh, K. (2018). Teacher support, instructional practices, student motivation, and mathematics achievement in high school. The Journal of Educational Research, 111(1), 81-94.

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).

Yusuf, N. (2021). The effect of online tutoring applications on student learning outcomes during the covid-19 pandemic. Italienisch, 11(2), 81-88.

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Simamora, N. N., Kimball, D. F. J., Maulana, R. C. D., & Sunarmi, N. (2024). THE INFLUENCE OF A GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ON STUDENT MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES ON SOLAR SYSTEM MATERIAL. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 93–103. https://doi.org/10.59052/edufisika.v9i1.29681