Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2016-12-15. Baca versi terbaru.

STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN VERIFIKASI DAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KOGNITIF SISWA SMP PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pendekatan verifikasi dan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kognitif siswa pada materi pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel, dan sampelnya adalah 26 siswa dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan verifikasi dan 26 siswa dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pendekatan verifikasi dan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kognitif siswa pada materi pesawat sederhana dengan nilai thitung > ttabel yaitu thitung = 2,844 dan ttabel 0.025 = 2,0105 dan nilai Sig.< 0,05 yaitu 0,016.

 

Kata kunci: Pendekatan, inkuiri terbimbing, verifikasi, kognitif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2016-12-15

Versi

Cara Mengutip

STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN VERIFIKASI DAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KOGNITIF SISWA SMP PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. (2016). EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 01–08. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/3424