THE EFFECT OF EXPERIENTIAL LEARNING-BASED SCIENCE INTEGRATED LEARNING ON STUDENTS' INTERPERSONAL COMMUNICATION ON HEAT AND TEMPERATURE MATERIALS

Penulis

  • Dinda Indrianingrum Universitas Negeri Malang
  • Mrs Universitas Negeri Malang
  • Nasikhudin Nasikhudin State University of Malang
  • Nasikhudin Nasikhudin State University of Malang

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v10i1.42721

Kata Kunci:

interpersonal communication, experiential learning, science integrated learning, heat and temperature

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran sains terintegrasi berbasis experiential learning terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa pada materi suhu dan kalor. Pendekatan yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) dengan desain sequential explanatory. Pada tahap kuantitatif, penelitian ini menggunakan desain eksperimenal dengan kelompok kontrol dan eksperimen. Sampel terdiri dari 66 siswa SMA yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi angket sikap dan pedoman wawancara. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan uji t independen. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model SIL berbasis EL memiliki peningkatan komunikasi interpersonal yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan metode SIL saja (p < 0,05). Pada tahap kualitatif, wawancara mendalam dengan siswa dilakukan untuk mengeksplorasi faktor yang mendukung efektivitas model pembelajaran ini. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan berkomunikasi terutama pada aspek keterbukaan, empati dan dukungan. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis pengalaman berpengaruh pada kemampuan komunikasi interpersonal siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afandi, A. (2017). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Konsep dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Abad 21). https://www.researchgate.net/publication/370934429

Ahmad, C. V. (2021). Causes of Students’ Reluctance to Participate in Classroom Discussions ASEAN Journal of Science and Engineering Education. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 1(1), 47–62. https://doi.org/10.xxxxx/AJSEE.v1i1

Akib, E., Erwinto Imran, M., Mahtari, S., Mahmud, M. R., Prawiyogy, A. G., Supriatna, I., & Hartono Ikhsan, M. T. (2020). IJORER : International Journal of Recent Educational Education Study on Implementation of Integrated Curriculum in Indonesia (Vol. 1, Issue 1).

Azarpira, N., Amini, M., Kojuri, J., Pasalar, P., Soleimani, M., Hossein Khani, S., Ebrahimi, M., Niknejhad, H., Karimian, Z., Lotfi, F., Shahabi, S., Saadat, I., Dehghani, M. R., Mohagheghi, M. A., Adibi, P., & Bagheri Lankarani, K. (2012). Assessment of scientific thinking in basic science in the Iranian second national Olympiad. BMC Research Notes, 5. https://doi.org/10.1186/1756-0500-5-61

Bolu Eoh, V. (2023). Analisis korelasi antara Kepercayaan Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Siswa SMA.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology.

Budihal, S., Patil, U., & Iyer, N. (2020). An Integrated approach of course redesign towards enhancement of experiential learning. Procedia Computer Science, 172, 324–330. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.052

Burhanudin, A. M. (2016). KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA JURUSAN KPI IAIN SYEKH NURJATI: PROBLEMATIKA DAN SOLUSINYA.

Cantika, L. (2021). Analisis Hasil Belajar Materi Suhu dan Kalor Kelas XII Man 2 Kota Jambi. Schrödinger: Journal of Physics Education, 2(3), 64–67. https://doi.org/10.37251/sjpe.v2i3.469

Caryono, S., Sma Negeri, , & Abstrak, P. (2024). Analisis Deskriptif Keterampilan Hubungan Interpersonal pada Peserta Didik Kelas XII SMAN 8 Purworejo. 2(1), 1–8.

Chien, S.-Y., Hwang, G.-J., & Jong, M. S.-Y. (2020). Effects of peer assessment within the context of spherical video-based virtual reality on EFL students’ English-Speaking performance and learning perceptions. Computers & Education, 146, 103751. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103751

dan Masa, C., Repsi Nurbani, A., & Ramlan Ramalis, T. (2023). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA IX 2023 Makalah Pendamping Abductive Inquiry Learning to Analyze Scienctific Process Skills and Creative Thinking Skills. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf

DeVito, J. A. (2019). The Interpersonal Communication Book (15th ed.). Pearson.

DeVito, Joseph. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th ed.). Hunter College.

Dwi Ariyani, E., Hadiani, D., & Bandung, P. M. (2020). Hubungan Pola Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Prestasi Akademik Mahasiswa. JSHP, 4(2).

Fortunela, B. S. F., Subekti, H., & Sabtiawan, W. B. (2022). Application of experiential learning model to increase students motivation and learning outcomes. Jurnal Pijar Mipa, 17(4), 430–436. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i4.3601

Giancoli. D.C. (2014). Physics: principles with applications.

Hakima, A., & Hidayati, D. L. (2021). Peran Model Experiential Learning Dalam Pendidikan Berbasis Keterampilan Tata Busana.

Handayani, E. T., & Aminatun, D. (2020). Students’ Point of View on the Use of WhatsApp Group to Elevate Writing Ability. In Journal of English Language Teaching and Learning (JELTL) (Vol. 1, Issue 2). http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/english-language-teaching/index

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. NJ: Prentice-Hall.

Kurniawati, W., Harjono, A., Gunawan, G., Busyairi, A., & Taufik, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 141–146. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3096

Leal-Rodríguez, A. L., & Albort-Morant, G. (2019). Promoting innovative experiential learning practices to improve academic performance: Empirical evidence from a Spanish Business School. Journal of Innovation and Knowledge, 4(2), 97–103. https://doi.org/10.1016/j.jik.2017.12.001

M. Sulthon Masyhud. (2015). Analisis Data Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Mezirow, J. (1997). Transformative Learning: Theory to Practice. New Directions for Adult AndContinuing Education, 74, 5–12.

Morris, T. H. (2020). Experiential learning–a systematic review and revision of Kolb’s model. Interactive Learning Environments, 28(8), 1064–1077. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1570279

Mulyani, R., Hernawati, D., & Ali, M. (2021). Keterampilan komunikasi interpersonal dan hasil. Bio Educatio, 6(1), 82–92.

Nicols, A. L. (2022). Experiential Empathy: The Impact of Service-Learning Immersion Experiential Empathy: The Impact of Service-Learning Immersion Experiences on College Students’ Cross-Cultural Empathy Experiences on College Students’ Cross-Cultural Empathy. https://pillars.taylor.edu/mahe/32

Nurhalimah, A. R., Aviyanti, L., & Rahmayani, E. (2023). Penerapan Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa SMA pada materi Suhu dan Kalor. Sinafi, 2(1), 1–9. http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi

Nurrachmah, S. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Membangun Hubungan Interpersonal Yang Efektif. Jurnal Inovasi Global, 2(2), 265–275. https://doi.org/10.58344/jig.v2i2.60

Parmin, Sajidan, Ashadi, Sutikno, & Fibriana, F. (2017). Science integrated learning model to enhance the scientific work independence of student teacher in indigenous knowledge transformation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 365–372. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11276

Rahman, R. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Partisipasi Mahasiswa Universitas Hang Tuah Pekanbaru dalam Kegiatan Kampus (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/sagara/Vol1.Iss1.2024

Rakhmaniar, A. (2024). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Pola Komunikasi Remaja di Perkotaan: (Studi Kualitatif Pada Remaja Dikota Bandung).

Raymond A. Serway, John W. jewett, Jr. (2009). Fisika untuk sains dan teknik penerjemah, Chriswan Sungkono. Salemba Humanika.

Risqa, M., Saehana, S., Darmadi, W., Suhu, K. K., Kalor, D., & Konsep Fisika, P. (2021). pemahaman konsep siswa kelas XI IPA SMA/MA pada pokok bahasan suhu dan kalor Concept Understanding of 11 th Graders of Natural Science Class of High School on Temperature and Heat. In JPFT (Vol. 9, Issue 2). http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft

Sapphine, R. V. (2024). Efektivitas Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Siswa dalam Sistem Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(8). http://sosains.greenvest.co.id

Savina EG. (2020). To the question of the formation of the skills of interpersonal interaction of students in the conditions of musical and theatrical activity. Musical Art and Education, 8(2), 72–86.

Suleman, Muh. A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Penerapan Experiential Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1530–1538. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1101

Suleman, Muh. A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Penerapan Experiential Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1530–1538. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1101

van Roon, P. H. , van S. H. F. , & V. A. H. (1994). ‘Work’ and ‘Heat’: on a road towards thermodynamics. International Journal of Science Education, 16(2), 131–144.

Wantu, T., Mori, J., Tuasikal, S., Bimbingan, J., & Konseling, D. (2020). Pengaruh Kinerja Tutor Asrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. Jambura Guidance and Counseling Journal, 1(1), 1–7.

Young, H. . , & F. R. (2016). University Physics with Modern Physics. Pearson Education.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1364(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1364/1/012006

Zohdi, A., & Kafrawi, M. (2023). Cahaya analisis tingkat pemahaman dan miskosepsi fisika siswa pada materi suhu dan kalor menggunakan five tier diagnostic test Di SMA 1 Brang Rea. In Cahaya: Journal of Research on Science Education (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.ahs-edu.org/index.php/cahaya/about

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Dinda Indrianingrum, Lia Yuliati, Nasikhudin, N., & Nasikhudin, N. (2025). THE EFFECT OF EXPERIENTIAL LEARNING-BASED SCIENCE INTEGRATED LEARNING ON STUDENTS’ INTERPERSONAL COMMUNICATION ON HEAT AND TEMPERATURE MATERIALS. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 143–158. https://doi.org/10.59052/edufisika.v10i1.42721