Pengaruh Transformational Leadership, Reward Dan Work Engagement Terhadap Perilaku Kerja Pegawai Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

Authors

  • M. Sidik Sisdiyanto Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13799

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara transformational leadership,
dan work engagement terhadap perilaku kerja sebagai tujuan umum. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode survei dengan pendekatan analisis jalur (path analysis).
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan tes kepada 165 responden
yang merupakan pegawai Ditjen Pendis Kemenag RI menggunakan teknik proportional
random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformational leadership
berpengaruh langsung positif terhadap perilaku kerja dengan thitung = 2.401 dan ttabel =1.97,
maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa model transformasional leadership diterapkan
dalam kepemimpinan di Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dalam berbagai
tingkatan. Selain itu, dalam perspektif pegawai Ditjen Pendidikan Islam, indikator keteladanan
pimpinan dengan bobot skor rata-rata 4.131 serta moral dan etika pimpinan yang mendapatkan
bobot skor rata-rata 4.000, dapat menjadi tolok ukur kepemimpinan yang mampu melakukan
perubahan, termasuk dalam konteks penelitian ini adalah perilaku kerja pegawai. Oleh sebab
itu, untuk dapat mewujudkan perilaku kerja Pegawai Ditjen Pendis yang positif, maka terlebih
dahulu strategi Reward sebagai strategi bisnis Ditjen Pendis harus mampu meningkatkan
terlebih engaged dari Pegawai Ditjen Pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Sisdiyanto, M. S. (2021). Pengaruh Transformational Leadership, Reward Dan Work Engagement Terhadap Perilaku Kerja Pegawai Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 17-28. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13799