Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Megan Asri Humaira Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, Indonesia
  • Deski Halim Sudjani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, Indonesia
  • Mega Febriani Sya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, Indonesia
  • Syukri Indra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, Indonesia
  • Didin Syamsudin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, Indonesia
  • Radif Khotamir Rusli Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16315

Abstract

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang gencar memetakan literasi khususnya pada siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Berbagai program literasi dibuat agar literasi siswa meningkat. Kegiatan penguatan literasi siswa melalui storytelling dalam tiga bahasa (bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab) ini merupakan salah satu program peningkatan literasi dalam mendukung program pemerintah tersebut. Dalam pelaksanaan kegiatan, dilakukan metode ceramah dan metode storytelling oleh tiga praktisi yang mewakili masing-masing bahasa. Selain itu, dilakukan juga pre-test dan post-test kepada peserta untuk melihat apakah kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan peserta atau tidak. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan, pengetahuan siswa terkait literasi meningkat. Oleh karena itu, kegiatan literasi melalui storytelling dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan literasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-23

How to Cite

Humaira, M. A., Sudjani, D. H., Sya, M. F., Indra, S., Syamsudin, D. ., & Rusli, R. K. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 547-552. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16315