This is an outdated version published on 2018-08-21. Read the most recent version.

Pelatihan Dasar-Dasar Manajemen Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Keripik Pisang Dharma Jaya untuk Meningkatkan Kinerja Usaha

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5428

Keywords:

Dasar Manajemen, Kinerja Usaha, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) agar mampu mempertahankan usahanya dengan memberikan pengetahuan dasar  manajemen yang terdiri atas manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan manajemen sumber daya manusia sehingga usaha kecil menengah mampu mengelola usahanya secara internal maupun eksternal dengan baik, selain itu perngembangan usaha melalui media-media promosi terkini yang low budget perlu diketahui dan dipelajari oleh pemilik usaha sehingga tim juga akan berusaha untuk memberikan pengetahuan mengenai media promosi yang tepat untuk memperkenalkan dan memasarkan produk Darma Jaya baik secara online maupun offline, yang semuanya nanti akan diterjemahkan secara sederhana dan terperinci dalam satu model bisnis yang memuat kegiatan bisnis Darma Jaya mulai dari hulu ke hilir sehingga pemilik usaha bisa melihat apa yang sudah, sedang dan akan dilakukan oleh usaha Darma Jaya dengan Business Model Canvas (BMC). Pengabdian ini akan dilakukan melalui dua tahapan yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan pengabdian. Hasil kegiatan pengabdian berupa deteksi permasalahan teknis yang terjadi dan pengetahuan manajemen dan teknis untuk mengatasi permasalahan tersebut, menerapkan metoda-metoda promosi baru yang belum pernah dilakukan oleh Darma Jaya serta pembuatan Business Model Canvas (BMC) untuk usaha Darma Jaya. Berdasarkan pelaksanaan,usaha Darma Jaya merupakan usaha menengah yang sedang berkembang dan memiliki prospek yang baik, dengan dilaksanakannya kegiatan ini maka usaha Darma Jaya dapat lebih kuat dan tertata dengan lebih baik lagi, pemilik mampu berfikir sistematis, manageable dan mengatasi masalah manajemen yang sebelumnya tidak bisa diatasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Teuku Syarif (2015). Kajian Efektivitas Model Promosi Pemasaran Produk UMKM. Jurnal Kajian Bidang Penelitian UMKM.
2. Affandi, (1984). Manajemen Promosi dan Pemasaran Produk. PT. Bina Aksara. Jakarta.
3. Harry.R. Tosdal, (1969). Introduction to Sales Mangement. Mac Graw Hill Book Company New York.
4. Kasali Reinald, (2005). Tantangan Pemasaran Dalam Era Pasar Global (makalah yang disampaikan dalam Seminar sehari Penggembangan Pemasaran Industri Kerajinan Dalam Menghadapi Pasar Global).Program Magister Manajemen Universitas Indonesia. Jakarta.
5. Manulang, (1984). Marketing. Bharata. Jakarta.
6. Nurachmat, (2002). Kajian Manfaat Pameran dalam Meningkatkan Omset Industri kecil (Thesis). Program Pasca Sarjana Universitas Padjajaran Bandung.

Downloads

Published

2018-08-21

Versions

How to Cite

Pelatihan Dasar-Dasar Manajemen Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Keripik Pisang Dharma Jaya untuk Meningkatkan Kinerja Usaha. (2018). Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 31-36. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5428