This is an outdated version published on 2019-12-31. Read the most recent version.

Edukasi Pentingnya Melakukan Sortir Dalam Kegiatan Pemasaran Kentang Di Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v3i2.8507

Keywords:

kentang, pengabdian, sortir

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk 1) Memberikan kontribusi yang berguna khususnya bagi petani yang terkait langsung maupun investor yang akan mengembangkan usaha berbahan baku kentang. 2) Meningkatkan minat petani komoditas kentang untuk meningkatkan produksi lebih banyak dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Jangkat. 3) Menjadikan Kecamatan Jangkat contoh bagi petani di daerah yang lain bahkan dicontoh petani komoditas lainnya. Pengabdian ini dilaksanakan bulan Maret sampai Bulan Mei Tahun 2019. Penentuan lokasi pengabdian ini dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan Kecamatan Jangkat sebagai kecamatan penghasil kentang terbesar. Kegiatan pengabdian dimulai dari pemberian kuesioner awal tentang pentingnya melakukan sortir. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan petani mengenai apa itu sortir, bagaimana melakukan sortir yang benar, dan manfaat dari sortir itu sendiri. Pemberian sosialisasi tentang pentingnya sortir. hal ini bertujuan memberikan informasi mengenai sortir sehingga petani memahami pentingnya melakukan kegiatan sortir guna menarik petani untuk mempraktikkan langsung. Melakukan praktik langsung bersama petani pada saat panen raya. Hal ini bertujuan untuk mengawasi kegiatan sortir yang dilakukan petani agar mengetahui pemahaman petani dalam mempraktikkan sortir setelah mengikuti sosialisasi sebelumnya. Memberikan kuesioner akhir. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan pengabdian dan mengetahui pemahaman petani serta pendapat petani bagaimana kegiatan sortir, apakah sortir perlu dilakukan dan dilanjutkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Asandhi, A.A. 2000. Analisis Finansial Budidaya Kentang di Dataran Medium pada Lahan Sawah. Jurnal Hortikultura, 10(2);154-164
2. Asmarantaka, Ratna W. 2014. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Penerbit IPB Press. Bogor.
3. Dhalimi, A. 1990., Penanganan Pasca Panen Buah-buahan dan Sayuran Segar. Makalah Pelatihan Kerja sama FAO - Dep. Perdagangan di Jakarta 12 - 14 Pebruari 1990, p. 17 - 37.
4. Hamid, Abdul K. 1972. Tataniaga Pertanian. IPB. Bogor.

Downloads

Published

2019-12-31

Versions

How to Cite

Edukasi Pentingnya Melakukan Sortir Dalam Kegiatan Pemasaran Kentang Di Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. (2019). Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(2), 328-334. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i2.8507