Meningkatkan Keterampilan Abad 21 melalui Model Problem Based Learning pada Siswa SDIT Ash-Shiddiiqi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v9i2.38585Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan abad 21 pada siswa kelas III SDIT Ash-Shiddiiqi Kota Jambi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran yang cenderung bersifat tradisional dan berpusat pada guru, sehingga siswa belum menunjukkan kemampuan 4C (critical thinking, communication, collaboration, creativity) secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa, terdiri atas 14 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Guru kelas III bertindak sebagai pelaku tindakan dan objek observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi terhadap proses pembelajaran dan aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan hasil setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan keterampilan abad 21 siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hanya 11,76% siswa yang mencapai rentang nilai 3,7 ≤ x ≤ 4, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 47,06%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model PBL mampu mendorong keaktifan, kolaborasi, serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, sehingga efektif dalam mengembangkan keterampilan abad 21 di sekolah dasar.