Hubungan Aktivitas Fisik dengan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Cendikia Mandala Putra
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v10i1.42522Abstract
Perkembangan motorik halus merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia dini yang memengaruhi keterampilan dasar seperti menulis, menggambar, dan menggunakan alat-alat kecil. Salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan ini adalah aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara aktivitas fisik dengan keterampilan motorik halus pada anak usia dini di TK Cendikia Mandala Putra, Lingga Kuamang, Kabupaten Bungo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional, dengan sampel sebanyak 26 anak usia dini yang dipilih melalui teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas fisik dan keterampilan motorik halus menggunakan instrumen pengukuran yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor aktivitas fisik anak berada pada kategori baik (73%) dan keterampilan motorik halus juga berada pada kategori baik (69%). Uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara aktivitas fisik dan keterampilan motorik halus dengan nilai t hitung sebesar 7,75 lebih besar dari t tabel 1,71 pada taraf signifikansi 0,05 (p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa anak yang lebih sering terlibat dalam aktivitas fisik cenderung memiliki keterampilan motorik halus yang lebih baik. Oleh karena itu, diperlukan perhatian lebih dari orang tua dan pendidik dalam menyediakan aktivitas fisik yang mendukung perkembangan motorik halus anak usia dini.