Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa SMP Negeri 6 Kerinci
(The Influence of Guided Inquiry Learning Model and Concept Understanding on Problem Solving Ability of SMP Negeri 6 Kerinci)
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14206Abstract
This study aims to determine (1) the effect of the Guided Inquiry learning model on students' problem-solving abilities; (2) the effect of Concept Understanding level on students' Problem Solving Ability; (3) the interaction between the Guided Inquiry learning model and the level of Concept Understanding on students' Problem Solving Ability. This study uses a Quasi Experimental Design with a pretest-posttest Control Group Design model. The population in this study was class VII SMP Negeri 6 Kerinci. The sample uses probability sampling which includes random sampling. To collect the data used is a test of problem solving skills, tests of understanding the concept and documentation. Data analysis used Two-Way Anova.
Â
Â
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa; (2) pengaruh tingkat Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa; (3) interaksi antara model pembelajaran Inquiri Terbimbing dengan tingkat Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan model pretest-posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 6 Kerinci. Sampelnya menggunakan probability Sampling yang meliputi Random Sampling. Untuk mengumpulkan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah, tes pemahaman konsep serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan Anava Dua Arah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Model pembelajaran Inquiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kerinci; 2) Pemahaman konsep tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. kelas VII SMP Negeri 6 Kerinci; serta 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiri terbimbing dengan pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kerinci.
Â
Â
Â
Â
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Annafy, N., Perkasa, M., Agustina, S., & Sari, E. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa Di Man 2 Kota Bima Tahunpelajaran 2019/2020. Jurnal Redoks (Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia), 4(1), 17-24.
Agustiana, I Gusti Ayu Tri. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yoyakarta: Ombak
Aly, Abdullah. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Amri Sofan, dkk. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbentuk augmented reality pada peserta didik untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep ipa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90-101.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Buxton & Eugene. 2007. Teaching Science in Elementary & Middle School: A Cognitive and Cultural Approch. SAGE Publications: California.
Cahyono. 2010. Model-model Pembelajaran. Semarang: Rineka Cipta.
Chiappetta dan Koballa. 2010. Science Instruction in The Middle and Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge and Skills. United State of America: Pearson Education Inc.
Dina Agustina, dkk. 2014. Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padangâ€. Jurnal Pendidikan Matematika 3 (2): 20-24.
Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran matematika Kontemporer. Bandung: JICA
Gulo, W. 2008 Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia
Hariani, N. R., Nuswowati, M., & Winarno, W. (2020). Pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan e-modul terhadap pemahaman konsep hidrolisis garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2561-2571.
Herman, Hudojo. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP
Ikhwan Zulkarnain dan Hadi Budiman. 2019. Pengaruh Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Research and Development Journal Of Education Vol. 6 No. 1|p–ISSN 2406-9744 e–ISSN 2657-1056. Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
I Made Alit M. dan Wandy. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: P4TK
Ismira Wahyu Lestari Lewa, dkk. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Kemampuan Komunikasi Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal No. 7 (2) ISSN 2252-6935. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
Ismawati, H. 2007. Skripsi: Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Be/ajar Sains-Fisika Me/alui Pembelajaran Inquiri Terbimbing Untuk Sub Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Universitas Negeri Semarang.
Jacob. 2010. Matematika Sebagai Pemecahan Masalah. Bandung: Setia Budi
Jacob, C. 2011. Pemecahan Masalah Sebagai Suatu Tujuan, Proses dan Keterampilan Dasar. Jakarta: Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia
Joseph, Arbuscato. 1995. Teaching Children Science: A Discover Approach Fourth Edition. US: A Simon & Schuster Company
Kemendiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.
Kurnia Eka Lestari, dkk. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama
Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama
Lewa, I. W. L. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Kemampuan Komunikasi Siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Nupita, Evi. 2013. Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Volume 01 Nomor 02.
Permendiknas No.14 Th 2007 tentang Standar Isi Paket A B C.
Prambudi, Kuswandi. 2010. Model Inquiri Terbimbing. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Puskur, Balitbang. 2010. Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Rineka Cipta
Ramlawati, dkk. 2017. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran IPA BAB II Klasifikasi Makhluk hIdup. Jakarta: Kemendikbud Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Risnawati. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, Y. P., & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dan Means Ends Analysis. Jurnal Math-UMB. EDU, 7(2).
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar Cet. Ke-20. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sayyadi, M., Hidayat, A., & Muhardjito, M. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi suhu dan kalor dilihat dari kemampuan awal siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 866-875.
Sitiatava, Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparno, Paul. 2013. Metodologi Pembelajaran Fisika. Jakarta: Diandra Piramita
Taniredja dan Mustafidah. 2011. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.
Undang-undang SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.
Wahono Widodo, dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VII Semester I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Widhiarso, Wahyu. 2010. Pengembangan Skala Psikologi. Universitas Gajah Mada Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Meri Mustika, Revis Asra, Evita Anggereini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).