Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Mata pelajaran IPA di SMP Kota Jambi

(Analysis of the Implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic for Science Subject Teachers at Jambi City Junior High School)

Authors

  • Ema Faorika Universitas Jambi
  • Afreni Hamidah Universitas Jambi
  • Evita Anggereini Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14411

Abstract

Learning in schools is carried out online in Jambi City. This is done to prevent the spread of the Covid-19 virus. The purpose of the study was to analyze the implementation of online learning and find out the obstacles encountered by science subject teachers in Jambi City Junior High Schools during online learning. This type of research is a mixed method using an explanatory mixed method research design. Researchers distributed survey questionnaires via google form to respondents and conducted interviews via whatsapp. The data were analyzed using SPSS to determine the validity and reliability with the Cronbach alpha test. The results showed that the implementation of online learning during the COVID-19 pandemic for science subject teachers at Jambi City Junior High School with the online learning planning stage, the online learning process stage and the online learning assessment stage had been carried out with various obstacles during its implementation. One of the most conspicuous obstacles is that 80.36% of the teachers are digital immigrant generations so that these teachers include teachers who have limited human resources, namely lack of technology (internet) skills. Constraints encountered during the implementation of online learning are limited human resources, limited facilities and infrastructure and constraints on students' personalities.

Abstrak. Pembelajaran di sekolah dilaksanakan secara daring di Kota Jambi. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus covid-19. Tujuan penelitian untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran daring dan mengetahui kendala yang ditemui guru mata pelajaran IPA di SMP Kota Jambi selama pembelajaran daring. Jenis penelitian adalah penelitian campuran (mix method) dengan menggunakan desain eksplanatori (explanatory mixed method research design). Peneliti menyebarkan angket survey via google form kepada responden dan melakukan wawancara via whatsapp. Data dianalisis menggunakan SPSS untuk mengetahui Validitas dan Reliabilitas dengan uji Cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 pada guru mata pelajaran IPA di SMP Kota Jambi dengan tahap perencanaan pembelajaran daring, tahap proses pembelajaran daring dan tahap penilaian pembelajaran daring telah dilaksanakan dengan berbagai kendala selama pelaksanaanya. Salah satu kendala yang paling mencolok adalah 80,36% guru tersebut merupakan generasi digital immigrant sehingga guru-guru tersebut termasuk guru yang memiliki keterbatasan sumber daya manusia yaitu kurang menguasai teknologi (internet). Kendala yang ditemui selama pelaksanaan pembelajaran daring yaitu keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan sarana dan prasarana dan kendala pada pribadi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimin, A., & Effendi, H. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Diklat Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Di Sekolah Menegah Kejuruan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), 133-138.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, D., Chan, F., & Sofwan, M. (2021). Analisis pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Gavrilova. (2006). Pengertian, Karakteristik Dan Manfaat Pembelajaran Jarak Jauh (Daring). Dalam https://ejournal/eprints.uny.ac.id.v ol.5. Diakses 20 Maret 2021.

Henri. 2020. Mengenal Pasar Hewan di Wuhan, Tempat berkembangnya Virus Corona. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4165006/mengenal- pasar-hewan-di-wuhan-tempat-berkembangnya-virus-corona diakses tanggal 11 Juli 2020.

Jena, P. K. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on education in India. International journal of current research (IJCR), 12.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa darurat Covid-19. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah, Jakarta.Diakses, 29 Mei 2020.

Leidner. (1993). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh Atau Daring. Dalam http://jurnal/repository.unpas.ac.i d/12994/4/BAB%2011.vol5.pdf. Diakses 3 Mei 2021.

Lestari, F. A. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Clasroom Dan Whatsapp Group Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Era Pandemi Covid 19. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).

Miarso dan Yusuf Hadi. (2008). Menyemai TeknologiPendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. JurnalBasicedu, 4(4),864https://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+analisis+pembelajaran+daring&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_cit&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AXyYwWnoGaBgJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D2%26hl%3Did diakses 11 Juli 2020.

Sudjono, Anas dkk. (2009). Cara Mudah Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyanto, Agung. (2017). Generasi Digital Natives dan Digital Immigrants. https://www.codepolitan.com/generasi-digital-natives-dan-digital-immigrants-58f838b3ba9e0 diakses 20 september 2021.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Faorika, E. ., Hamidah, A., & Anggereini, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Mata pelajaran IPA di SMP Kota Jambi: (Analysis of the Implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic for Science Subject Teachers at Jambi City Junior High School). BIODIK, 7(4), 50-60. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14411

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>