Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah pada Materi Biologi

(Literature Study: The Effect Of Application Of Guided Inquiry (GI) Learning Models On Cognitive, Affective, And Psychomotor Learning Outcomes Of Middle School Students On Biology Materials)

Authors

  • Mutia Hanifah Universitas Ahmad Dahlan
  • Purwanti Pratiwi Purbosari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.14791

Abstract

The guided inquiry learning model is a learning model that has the potential to improve student learning outcomes. However, no researchers have conducted a literature study on the effect of applying the guided inquiry learning model on learning outcomes in the cognitive, affective, and psychomotor domains of high school students on biology material. This research was a literature study with a narrative review design. The scientific articles used as research data were 42 articles from the international journal, national journals accredited, national journals unaccredited, proceedings, and repositories. Article validation was carried out by considering freely accessible articles, quality of research methodologies, article topics, article objects, and research references for the last ten years. Data collection techniques through keywords and presented in tabular form. The data analysis technique used descriptive analysis. Based on the literature study, applying the guided inquiry learning model could improve high school students' cognitive, affective, and psychomotor learning outcomes on biology material.

Keyword : cognitive, affective, psychomotor learning outcomes, guided inquiry, literature study.

Abstrak

Model pembelajaran guided inquiry merupakan model pembelajaran yang berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Akan tetapi, belum ada peneliti yang melakukan kajian literatur mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa sekolah menengah pada materi biologi. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan desain narrative review. Artikel ilmiah yang digunakan sebagai data penelitian sebanyak 42 artikel yang berasal dari jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal nasional tidak terakreditasi, prosiding, dan repository. Validasi artikel dilakukan dengan mempertimbangkan artikel dapat diakses secara bebas, kualitas metodologi penelitian, topik bahasan artikel, objek penelitian artikel, dan dengan referensi 10 tahun terakhir. Teknik pengumpulan data melalui kata kunci dan disajikan dalam bentuk tabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil studi literatur, penerapan model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa sekolah menengah pada materi biologi.

Kata Kunci: hasil belajar kognitif, afektif, psikomotor, guided inquiry, studi literatur

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriana, E., Ningsih, E. W., Hendracipta, N., Vitasari, M., & Aulina, C. (2020). Analysis of student learning activities in science learning using inquiry model based on local wisdom. Jurnal JPSD, 6(1), 92–99.

Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided Inquiry Berbantuan E-Modul untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 144-151. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/14264

Deviani, Supriyanto, & Harini, N. W. (2016). Efektivitas pembelajaran menggunakan lks smart (solving, manipulation, and story telling) berbasis guided inquiry materi sistem respirasi. Journal of Biology Education, 5(3), 222–229. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i3.14778

Dewayanti, M. S., Yuniastuti, A., & Prasetyo, A. P. B. (2015). Pengaruh model guided inquiry berbantuan fishbone diagram terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Journal of Biology Education, 4(2), 220–224.

Fanani, F. H., Maya, R., & Suciati. (2014). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A melalui penerapan model guided inquiry dengan bantuan social network facebook di SMPN 1 Kartasura. Bio-Pedagogi, 3(1), 11–22.

Fitriyani, R., Corebima, A. D., & Ibrohim. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 3(4), 186–200.

Hilman. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind map terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 221–229.

Jin, G., & Bierma, T. J. (2011). Guided-Inquiry Learning in Environmental Health. Journal of Environmental Health, 73(6), 80–85. http://www.jstor.org/stable/26329167

Koksal, E. A. & Berberoglu, G. (2012). The Effect of Guided-Inquiry Instruction on 6th Grade Turkish Students' Achievement, Science Process Skills, and Attitudes Toward Science. International Journal of Science Education, 36(1), 66-78. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.721942

Kondang, N. V. (2015). Efektivitas pembelajaran menggunakan lks berbasis guided inquiry terhadap hasil belajar siswa MTS pada materi keanekaragaman makhluk hidup. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Liani, D. A., Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. (2016). Perbandingan model guided discovery learning dengan guided inquiry terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 4(2).

Llewellyn, D. (2012). Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation. New York: Corwin.

Nasir, M., Fakhrunnisa, R., & Nastiti, L. R. (2019). The Implementation of Project-based Learning and Guided Inquiry to Improve Science Process Skills and Student Cognitive Learning Outcomes. International Journal of Environmental & Science Education, 14(2), 229-238.

Nugroho, P. A., Suciati, & Probosari, R. M. (2014). Penerapan guided inquiry disertai mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMA negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2012/2012. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains.

Panggabean, S., Lisnasari, S.F., Puspitasari, I., Basuki, L., Fuadi, A., Firmansyah, H., Badi’ah, A., Ridha, Z., Anwar, A., Nggaba, M. E., Ghaybiyyah, F., Annisa, R., Zakaria, Arifin, S., & Purbasari, I. 2021. Sistem Student Center Learning dan Teacher Center Learning. Bandung: Media Sains Indonesia.

Prehtiningsih, Q., Ramli, M., & Nurmiyati. (2015). Penerapan model pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan pemahaman konsep materi sistem ekskresi pada siswa kelas XI IPA ICT SMAN Kebakkramat. Bio-Pedagogi, 4(1), 40–46.

Putri, S. D., Syamsuri, I., & Tenzer, A. (2014). Implementasi metode inkuiri terbimbing berbasis lesson study untuk meningkatkan keterampilan proses sains, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 5 SMA negeri 8 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 29–37.

Ratnaningrum, D. A., Chamisijatin, L., & Widodo, N. (2015). Penerapan pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ipa pada siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 2 Batu. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 2(1), 229–239.

Ridley, D. (2012). The Literature Review: A Step-by-Step Guide for Students. (K. Metzler, Ed.) (2nd Editio). London, UK: SAGE Publications Ltd.

Sefriyan, D., Caswita, & Coesamin, M. (2013). Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas viii smpn 3 gadingrejo semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013). Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). 29-36.

Sanjaya, W. (2014). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Bandung: Kencan Prenada Media.

Saputra, A., Widoretno, S., & Santosa, S. (2012). Peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi guided inquiry di SMP negeri 5 Surakarta kelas VIII F tahun pelajaran 2011/2012. Bio-Pedagogi, 1(1), 36–45.

Sariningsih, Suprapto, P. K., & Badriah, L. (2020). Pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar kognitif materi sistem saraf manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 1–7.

Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T. P., Marbun, J., Nainggolan A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multirepresentasi terhadap keterampilan proses sains danpenguasaan konsep ipa. Jurnal Basicedu, 5(1), 195-205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614

Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widhiastuti, S. R., Maridi, & Suciati. (2019). Pengaruh model guided inquiry terhadap hasil belajar biologi. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 169–175. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v

Yama, E. P., Achmad, A., & Yolida, B. (2015). Perbandingan model pembelajaran guided inquiry dengan guided discovery terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(7), 113–122.

Downloads

Published

2022-06-09

How to Cite

Hanifah, M., & Purbosari, P. P. . (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah pada Materi Biologi: (Literature Study: The Effect Of Application Of Guided Inquiry (GI) Learning Models On Cognitive, Affective, And Psychomotor Learning Outcomes Of Middle School Students On Biology Materials). BIODIK, 8(2), 38-46. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.14791

Issue

Section

Articles