Analisis Kesesuaian Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Percernaan Pada Buku Teks Biologi SMA

(The Suitability Analysis Of Respiratory Sistem and Digestive Sistem Materials in High School Biology Text Books)

Authors

  • Rosi Feirina Ritonga Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Maesaroh Maesaroh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Eka Kartikawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.15634

Abstract

In this digital era, textbooks are still a reference in learning but mostly in the form of softfiles (BSE). This study aims to determine the feasibility of biology textbooks based on basic competencies in the curriculum. The research method used is descriptive qualitative. The results is the class XI biology textbooks on the respiratory system and digestive system materials were sufficient in accordance with the basic competencies in the curriculum. One misconception was found in the material for the organs of the digestive system. The types of questions on the competency test have not been directed to higher-order thinking skills. Two writing errors were found. The images presented are relatively less attractive and effective because they only use black and white contrasting colors. Through the results of this study, it is recommended that the learning process use a variety of learning resources that will complement each other.

Key words: high school textbook; biological material.

Abstrak

Pada era digital ini, buku teks masih menjadi rujukan dalam pembelajaran namun lebih banyak dalam bentuk softfile (BSE). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan buku teks biologi berdasarkan kompetensi dasar dalam kurikulum. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian analisis buku teks biologi kelas XI pada materi sistem pernapasan dan sistem pencernaan sudah cukup sesuai dengan kompetensi dasar pada kurikulum. Diitemukan satu kesalahan konsep pada materi organ sistem pencernaan. Jenis pertanyaan pada uji kompetensi belum diarahkan kepada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Ditemukan dua kesalahan penulisan. Gambar yang disajikan relatif kurang menarik dan efektif karena hanya menggunakan warna kontras hitam dan putih. Melalui hasil penelitian ini, direkomendasikan agar proses pembelajaran menggunakan variasi sumber belajar yang akan saling melengkapi satu sama lain.

Kata kunci: buku teks SMA; materi biologi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisendjaja, Y. H. (2010). Analisis Buku Ajar Biologi Sma Kelas X Di Kota Bandung. Jurnal BIO-UPI, 1–13.

Agustina, R., Sipahutar, H., & Harahap, F. (2016). Analisis Miskonsepsi Pada Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 113–118. https://doi.org/10.24114/jpb.v5i2.4307

Fajriana, N., Abdullah, A., & Safrida, S. (2017). Analisis Miskonsepsi Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas XI Semester 1 SMAN di Kota Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 60. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1071

Fadhilah, W., Dewi, N. K., & Retnoningsih, A. (2014). Unnes Journal of Biology Education. Journal Og Biology Education, 3(3), 319–329.

Juhanda, A. (2015). Analisis Soal Jenjang Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Sekolah Elektronika (BSE) Biologi SMA. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 61–66.

Mochamad Irsyan, S., Setiawan, A., & Rusnayati, H. (2013). Analisis buku ajar fisika SMA kelas X di kota Bandung berdasarkan komponen literasi sains. Prosidings Seminar Nasional Fisika 2013, 94–102.

Nanta Mulia, Zulyusri. (2021). Meta-Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMA. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(1), 102–111.

Nugroho, F. A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Pencernaan Manusia Pada Buku Teks Biologi Sma Kurikulum 2013 Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(5), 13–22.

Pathiyah, A. (2019). Analisis Tingkat Ketepatan Konsep Buku Teks Biologi Bilingual. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 59. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1839

Salamah, U., Hera, R., & Hadi, K. (2020). Analisis Tingkat Kesesuaian Materi Keanekaragaman Hayati pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X. Bionatural, VII(1), 1–13. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/521

Setiawan, A., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2018). Analisis Kesesuaian Materi Ruang Lingkup Biologi Pada Buku Teks SMA Kelas X. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, VI(3), 1–10.

Sihombing, R. I., Daulae, A. H., Sari, D. K., & Sihotang, H. (2017). Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi Sma Kelas X Materi Eubacteria Di Kota Kisaran. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2), 44–48. https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.8413

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Julita, A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (Biomap). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 86–98. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31861

Syahyani, I. (2018). Analisis miskonsepsi materi buku pelajaran biologi kelas xii untuk sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(2), 72–78.

Zehlia, A., Luzyawati, L., & Hamidah, I. (2019). Analisis Pertanyaan Uji Kompetensi pada Buku Biologi SMA/MA Kelas XII Penerbit Erlangga. Gema Wiralodra, 10(2), 165–178. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i2.74

Downloads

Published

2022-06-09

How to Cite

Ritonga, R. F. ., Maesaroh, M., & Kartikawati , E. . (2022). Analisis Kesesuaian Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Percernaan Pada Buku Teks Biologi SMA: (The Suitability Analysis Of Respiratory Sistem and Digestive Sistem Materials in High School Biology Text Books). BIODIK, 8(2), 47 - 53. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.15634

Issue

Section

Articles