Pengaruh Minat Siswa pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 1 Beringin

(The Effect Of Student Interest In Biology Learning On Student Learning Outcomes Of SMA N 1 Beringin)

Authors

  • Ananda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Agus Wahyuda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Humayroh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Reni Rahayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azzahra Putri Ramadana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19679

Abstract

The aim of this study is to investigate the effect of students' interest in biology on academic performance. This study was conducted at SMA N 1 Beringjin in 2022. This type of survey is a sample survey of 90 students in the 11th MIPA class. The research tool was a Google Forms questionnaire with 30 questions, administered to students. The indicators of the survey are the pleasure, interest, interest and participation of students in biology. The data analysis was performed by calculating the survey score of each student, applying it to the presentation and interpreting it into categories of good, good, bad and poor. As a result, the students 'pleasure was 77.9%, the students' interest was 77.1%, the students 'interest was 76.1% and the students' participation was 75.9%. Following this study, it was found that students 'interest in learning had a positive effect on students' school results, and the average level of interest in biological research in Beringin Class XI SMAN 1 in 2022 was 76.75, a very good category, seemed to correspond with expected.

Key words: Interest, Biology Learning, Learning Outcome

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat siswa pada biologi terhadap prestasi akademik. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Beringjin pada tahun 2022. Jenis survei ini adalah sampel survei terhadap 90 siswa kelas XI MIPA. Alat penelitian adalah kuesioner Google Forms dengan 30 pertanyaan, diberikan kepada siswa. Indikator survei adalah kesenangan, minat, minat dan partisipasi siswa dalam biologi. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor survei masing-masing siswa, menerapkannya pada presentasi dan menginterpretasikannya ke dalam kategori baik, baik, buruk dan buruk. Hasilnya, kesenangan siswa sebesar 77,9%, minat siswa sebesar 77,1%, minat siswa sebesar 76,1% dan partisipasi siswa sebesar 75,9%. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa minat belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, dan rata-rata tingkat minat penelitian biologi pada siswa kelas XI SMAN 1 Beringin tahun 2022 adalah 76,75 dengan kategori sangat baik, tampaknya sesuai dengan yang diharapkan.

Kata kunci: Minat, Pembelajaran Biologi, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyanti & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fernandez, Vandi. (2021). Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Media Power Point. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. Vol. 5, No.1.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasyim, M & Iqbal, M.. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus. Vol.1, No.2.

Munif, M. A. (2019). Pengaruh Minat Siswa Pada Mapel Biologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MA Uswatun Hasanah Mangkang. Disertasi. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang..

Nasution. S. (2010). Didaktik azas-azas Mengajar. Bandung: Jemmars.

Putra, Ardyansah Jani. (2012). Pengaruh Minat dan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Musik Terhadap Prestasi Belajar Seni Budaya di SMPN 1 Wates. S1 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School. Journal Pgsd Fip Unimed, Vol.1, No.2.

Slameto, (2010). Belajar dan Fakto-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2002). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Ananda Putri, A. P., Wahyuda, A., Humayroh, S. ., Reni Rahayu, R. R., & Azzahra Putri Ramadana , A. P. R. . (2023). Pengaruh Minat Siswa pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 1 Beringin: (The Effect Of Student Interest In Biology Learning On Student Learning Outcomes Of SMA N 1 Beringin). BIODIK, 9(1), 123-127. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19679

Issue

Section

Articles