Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di SMAN 10

(The Effect of Problem Based Learning Model to Increase Student Learning Outcomes on Human Reproductive System Materials in SMAN 10)

Authors

  • Fadilah Anissa Nur Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabila Syahna Permata Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annisa Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azzahra Putri Ramadana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Reni Rahayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19690

Abstract

The purpose of this review is to investigate the effect of compound fish bone on the conceptual framework of school performance and medical awareness of high school students. In this review, we used a quasi-sectional study design with pre-test and post-test control package models. An example in this review is a low-level study of XI MIPA 1 and XI MIPA 2 by SMA N 10 Kota Medan, which was not fully addressed by the target test method. The information was gathered through exams and admission forms. According to the information survey, students' learning performance could be improved following the completion of the completed learning practice at the level of 79.54% and 90.48% in both classes, it was found that increased awareness of health care. Given the results, the use of the herring-problem model is very likely to affect the academic results and medical prospects of students in secondary schools.

Key words: Problem-based learning, learning outcomes, health care attitude

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh problem-based fishbone pada sistem reproduksi terhadap hasil belajar dan sikap pemeliharaan kesehatan siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA N 10 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat setelah kegiatan pembelajaran selesai dengan ketuntasan untuk kedua kelas masing-masing sebesar 79,54% dan 90,48%, dan siswa memiliki sikap peduli kesehatan yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based-fishbone berpengaruh terhadap hasil belajar dan sikap pemeliharaan kesehatan siswa SMA.

Kata kunci: Problem Base Learning, Hasil Belajar, Sikap Perawatan Kesehatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afcariono, M. (2008). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif. 3(2): 65–68

Baden, M. S. (2016). The Impact of Transdisciplinary Threshold Conceptson Student Engagement in Problem- Based Learning: A Conceptual Synthesis. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. 10(2) : 3-6

Bigbee, J., et al. (2010). Models in Multi-Agency C2 Experiments Lifecycles: The Collaborative Experimentation Environment as a Case Study. The International C2 Journal. 4(3): 13

Erlianti, S., Priyantini W., & Lisdiana. 2017. The Development Of Contextual Teaching and Learning Based-Video on Reproductive System Concept for SMA. Unnes Journal of Biology Education. 6(2): 169-171

Fariroh, A & Yustinus, U. A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Materi Virus Kelas X. Unnes Journal of Biology Education .4 (2) :149-155

Fatonah, A., Lisdiana, & Supriyanto. (2017). Penerapan Biomagz sebagai Suplemen dalam Pembelajaran Sistem Reproduksi di SMA. Unnes Journal of Biology Education. 6(1): 104-109

Hadi A. M., Corebima D. A., & Saptasari M. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2): 1-11.

Hamidah, I., D. R. Indriyanti, & Nugrahaningsih.W. H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Sub Bab Antioksidan Berbasis Kajian Pola Konsumsi Masyarakat Pesisir Indramayu. Journal of Innovative Science Education. 6 (1)

Husnidar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika 1 (1): 71-82

Kinaseh, Niken, S. & Tyas, A, P. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Media Animasi Flash terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Unnes Journal of Biology Education. 4(3) : 317-321

Kurniahtunnisa, Nur, K. D. & N. R. Utami. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education. 5(3): 310- 318

Lisdiana, S. Saptono., & Ismarlini. (2017). Analisis Hasil Belajar dan Sikap terhadap Penyalahgunaan Psikotropika dan Zat Adiktif Pada Pembelajaran Sistem Saraf dengan Bioedutainment Role Play pada Siswa SMA. Indonesia Journal Conservation. 6(1): 8-14

Sholekah. S., Nugrahaningsih W. H. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter Materi Sistem Reproduksi. Unnes Journal of Biology Education. 3 (3):345-354

Wulandari, B & H. D. Surjono. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3(2) : 178 – 191

Yew, E.H.J., E. Chang & H. G. Scmidt. (2010). Effect of Tutor Related Behaviors on the Process of Problem Based Learning. Advances in Health Science Education.16(4):491

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Nur, F. A. ., Nabila Syahna Permata Sari, N. S. P. S., Annisa Tanjung, A. T., Azzahra Putri Ramadana, A. P. R., & Reni Rahayu, R. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di SMAN 10: (The Effect of Problem Based Learning Model to Increase Student Learning Outcomes on Human Reproductive System Materials in SMAN 10). BIODIK, 9(1), 151-156. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19690

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)