Pengembangan Booklet Terintegrasi Nilai Preventif Gangguan Sistem Sirkulasi Manusia untuk Peserta Didik SMA

(Development of Booklet an Integrated of Preventing Value on Human Circulatory System Disease for Senior High School Students)

Authors

  • Ririn Syafrina Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang
  • Elsa Yuniarti Universitas Negeri Padang
  • Rahmawati Darusyamsu Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.21088

Abstract

Adolescent knowledge in maintaining physical health can be increased through teaching materials that are integrated with preventive values ​​in schools. The purpose of this study is to produce an integrated booklet of the value of preventing disiase of the human circulatory system that is valid and practical. The type of research is research and development using the ADDIE development model. The data analysis technique used is descriptive quantitative. The booklet assessment was carried out by a validator consisting of two biology lecturers, FMIPA UNP and one biology teacher, and a practical test was conducted on one biology teacher and 30 students of SMAN 1 Bonjol. Based on the results of the validity test, the percentage of booklet assessment is 91.23% with a very valid category, while the results of the practicality of the booklet assessment percentage is 91.53% with very practical criteria. It can be concluded that the integrated booklet of the preventive value of human circulatory system disiase for high school students has met the criteria and can be used by students in the biology learning process.

Key words: Booklet, Preventive Value, Circulatory System Disiase

 

ABSTRAK

Pengetahuan remaja dalam menjaga kesehatan tubuh dapat ditingkatkan melalui bahan ajar yang diintegrasikan nilai preventif di sekolah. Tujuan penelitian ini menghasilkan booklet terintegrasi nilai preventif gangguan sistem sirkulasi manusia yang valid dan praktis. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan menggunakana model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penilaian booklet dilakukan oleh validator yang terdiri dari dua orang dosen biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi dan dilakukan uji praktikalitas kepada satu orang guru biologi dan 30 peserta didik SMAN 1 Bonjol. Berdasarkan hasil uji validitas presentase penilaian booklet sebesar 91,23% dengan kategori sangat valid sedangkan hasil praktikalitas presentase penilaian booklet sebesar 91,53% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa booklet terintegrasi nilai preventif gangguan sistem sirkulasi manusia untuk peserta didik SMA sudah memenuhi kriteria dan dapat digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran biologi.

Kata kunci: Booklet, Nilai Preventif, Gangguan Sistem Sirkulasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfajri, K. (2021). Pengembangan Booklet Bernuansa ESQ tentang Materi Bakteri sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas X SMA. Skripsi, 156 hal., Universitas Negeri Padang.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gemilang, R., & Christiana, E. (2016). Pengembangan Booklet sebagai Media Layanan Informasi untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 6(3), 3–9.

Hanzen, W. . E., Hastuti, U. S., & Lukiati, B. (2016). Pengembangan Booklet Pembuatan Yoghurt Kulit Buah Naga untuk para Petani Buah Berbasis pada Hasil Penelitian. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2140–2144. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7976

Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X,. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(1), 14–21.

Nurhayati, Fadilah, M., & Yuniarti, E. (2017). Deskripsi Nilai Promotif dan Preventif Kesehatan Reproduksi Remaja dalam Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia di SMAN Kota Padang. Jurnal Biosains, 1, 217–226.

Nurhidayat, S. (2015). Faktor Risiko Penyakit Kardiovaskuler Pada Remaja Di Ponorogo. Jurnal Dunia Keperawatan, 1(1), 1–9.

Patonah, D., Wijaya, W. M., & Rosalin, E. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1).

Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154.

Purwanto. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, R. A. (2022). Pengembangan E-module Interaktif tentang Materi Sistem Sirkulasi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi, 176 hal., Universitas Negeri Padang.

Safitri, N. R. D. (2016). Pengaruh Edukasi Gizi dengan Ceramah dan Booklet terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Overweight. Diponegoro University.

Sari, M. D. L., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Menggunakan Media Booklet terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 154–161.

Ulfah, N. P., Darusyamsu, R., Fadilah, M., & Yuniarti, E. (2021). Pengaruh Bahan Ajar Promotif dan Preventif Kesehatan Reproduksi Remaja Menggunakan PBL terhadap Kompetensi Pengetahuan Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1).

Yuningrum, H., Trisnowati, H., & Rosdewi, N. N. (2021). Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) pada Remaja: Studi Kasus pada SMA Negeri dan Swasta di Kota Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.35842/formil.v6i1.343

Yusuf, M., Saraswati, U., & Ahmad, T. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem dalam Bentuk Booklet untuk Pembelajaran Sejarah Lokal di Sma Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 50–58.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Syafrina, R., Relsas Yogica, R. Y., Elsa Yuniarti, E. Y., & Rahmawati Darusyamsu, R. D. (2023). Pengembangan Booklet Terintegrasi Nilai Preventif Gangguan Sistem Sirkulasi Manusia untuk Peserta Didik SMA: (Development of Booklet an Integrated of Preventing Value on Human Circulatory System Disease for Senior High School Students). BIODIK, 9(2), 164-170. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.21088

Issue

Section

Articles