Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web (Glideapps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi

(Development of Web-Based Learning Media (Glideapps) to Improve Creative Thinking Ability on Human Digestive System Material for Class VIII Students of SMP Negeri 11 Kota Jambi)

Authors

  • Charolin Aprilia Universitas Jambi
  • Evita Agraeni Universitas Jambi
  • Nazarudin Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.22351

Abstract

Learning media is part of learning that contains messages, people, and devices, which follow the development of technology in its development. This study aims to determine the feasibility of developing web-based learning media to improve creative thinking skills in human digestive system material in class VIII SMP Negeri 11 Jambi City. This development research uses the Dick & Carey development model. The test subjects consisted of a small group of 6 people and a large group of 33 people who were students of SMP Negeri 11 Jambi City. The instruments used in this study were interviews, questionnaires, tests and validation assessment sheets. This study used a one-shot case study experimental design. The data analysis technique used in this research is descriptive research with a quantitative approach. The results of this study are media validation The first material validation scored 56% of the feasibility classification was not good with some improvements, the second scored 72% of the feasibility classification was good and the third scored 91% of the calcification was very good. The first media validation scored 50% of the feasibility classification was not good with some improvements, the second scored 72% of the feasibility classification was good and the third scored 94% of the classification was very good. The effectiveness of web-based learning media (glideapss) in improving creative thinking skills carried out in large group tests obtained a high level of effectiveness with an average value of 0.8728 or 87.2790%.

Key words: Web-based Media, Glideapps, Creative Thinking Ability

 

ABSTRAK

Media pembelajaran merupakan bagian dari pembelajaran yang memuat pesan, orang, dan perangkat, yang mengikuti perkembangan teknologi dalam perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan manusia pada kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Subjek uji coba terdiri dari kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang dan kelompok besar yang terdiri dari 33 orang yang merupakan siswa SMP Negeri 11 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan  pada penelitian ini yaitu wawancara, angket, tes dan lembar penilaian validasi. Penelitian ini menggunakan design eksperimen one-shot case study. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah adalah penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu validasi media Validasi materi pertama mendapatkan skor 56% klasifikasi kelayakan tidak baik dengan beberapa perbaikan, kedua mendapatkan skor 72% klasifikasi kelayakan baik dan ketiga medapatkan skor 91% kalsifikasi sangat baik. Validasi media pertama mendapatkan skor 50% klasifikasi kelayakan tidak baik dengan beberapa perbaikan, kedua mendapatkan skor 72% klasifikasi kelayakan baik dan ketiga mendapatkan skor 94% klasifikasi sangat baik. Efektivitas media pembelajaran berbasis web (glideapss) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dilakukan pada uji kelompok besar memperoleh tingkat efektivitas tinggi dengan nilai rata-rata 0,8728 atau 87,2790%.

Kata kunci: Media Berbasis Web, Glideapps, Kemampuan Berpikir Kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & ’atun, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880.

Darussalam, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif (Blog) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada mata Pelajaran Pemasaran Online Sub Kompetensi Dasar Merancang Website (Studi pada Siswa Kelas X Tata Niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 3(2), 1–7.

Dick, W., Carey, L., & O.Carey, J. (2015). The Systematic Design Of Intruction. Pearson.

Duludu, U. A. T. . (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan Dan Media Pembelajaran PLS (1st ed.).

Hendrawan, S., Manuputty, A. D., & Haryanto, B. (2020). Design of Information Systems for Research Permit Application with Agile Method and Website Based Laravel Framework. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 60–78. https://doi.org/10.33557/journalisi.v2i1.45

Miranti, M. G., Wibawa, S. C., Lestari, N., Yantony, D., & Anjelita, R. M. (2021). Utilization Development of Glide “Daily Nutrition†Application Based on Android. International Joint Conference on Science and Engineering 2021, 209(Ijcse), 105–110. https://www.atlantis-press.com/proceedings/ijcse-21/125966546

Mohamad, A. (2021). Development of Final Project Evaluation Application Using Google Sheet and Glide Apps. International Journal of Modern Education, 3(8), 71–90. https://doi.org/10.35631/ijmoe.38007

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/142

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Munandar, U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat (3rd ed.). Rineka Cipta.

Muryaningsih, S. (2021). Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Dalam Pembelajaran Eksak Di Mi Kedungwuluh Lor. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84–91. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360

Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Prianto, T. P. (2017). Metode Diskusi Macromedia Flash Untuk Peningkatan Hasil Belajar Alat Ukur Mekanik. Taman Vokasi, 5(1), 31. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i1.1427

Rahmawati, A. I. N., Ariffudin, I., Latifah, L., & Soejanto, L. T. (2021). “say no to codingâ€: Designing of mobile-app-based learning media using Glide apps. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012079

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, KUalitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Aprilia, C., Evita Agraeni, E. A., & Nazarudin, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web (Glideapps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi: (Development of Web-Based Learning Media (Glideapps) to Improve Creative Thinking Ability on Human Digestive System Material for Class VIII Students of SMP Negeri 11 Kota Jambi). BIODIK, 9(2), 171-179. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.22351

Issue

Section

Articles