Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Biosong Pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI IPA

Authors

  • Zahwa Nafidatul Jannah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Evi Roviati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v10i3.30781

Abstract

There are many incidents where students' understanding of biology subject matter is very poor. Looking at the statement above, there are many learning methods that can be applied to improve students' learning outcomes in the classroom. One of them is the application of the biological song method, which can be abbreviated as biosong. The aim of this research is to find out whether the Biosong learning method can have an effect on improving student learning outcomes in plant tissue material. Data collection techniques are carried out through observation and interviews, as well as posttest learning outcomes tests and documentation techniques. Data analysis in this research is: descriptive analysis and hypothesis analysis. In the experimental class Kolmogorov Smirnov calculation p-value = 0.002 < 0.05 so the data is not normally distributed and Shapiro-Wilk p-value = 0.008 < 0.05 so the data is not normally distributed, and the hypothesis test data obtained Sig 0.000 so the hypothesis is accepted. There is a significant influence between the learning outcomes of students who use the biosong learning method and the learning outcomes of students who use the biosong method.

Abstrak. Banyak sekali kejadian dimana pemahaman siswa terhadap materi pelajaran biologi sangat kurang. Melihat pernyataan di atas banyak metode pembelajaran yang mampu diterapkan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa di dalam kelas. Salah satunya adalah penerapan metode lagu biologi (Biology Song) yang dapat disingkat dengan nama biosong. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Biosong dapat berpengaruh dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Tumbuhan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan wawancara, dan juga tes hasil belajar pemberian posttest lalu teknik dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu: analisis deskriptif dan analisis hipotesis. Pada kelas eksperimen perhitungan kolmogorov smirnov p-value = 0,002 < 0,05 sehingga data berdistribusi tidak normal dan shapiro-Wilk p-value = 0,008 < 0,05 sehingga data berdistribusi tidak normal, dan data uji hipotesis diperoleh Sig 0,000 maka hipotesis diterima. terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran biosong dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode biosong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts. Iskandar Muda Batam. Phytagoras, 6(2), 175-186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231-238.

Darimi, I. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2):111–121.

Firdawati, F. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berupa Flash Dilengkapi Biosong Tentang Materi Sistem Pernapasan Untuk Siswa Kelas XI SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Khoiri, E., & Nur, H. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Aplikasi Cisco Packet Tracer Mobile Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. J. IT-EDU, 3, 166-176.

Mariani, S., Wahab, B. A., & Khosmas, F. Y. (2013). Penerapan model pembelajaran examples and non examples dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(4).

Putri, H. M., Yelianti, U., & Aina, M. (2022). Pengembangan media biosong untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas x sma pada materi sistem klasifikasi tumbuhan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(1), 21-36.

Sugiono., Noerdjannah., & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Realibilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Zuhra, S. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 2 Sigli (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Jannah, Z. N. ., & Roviati, E. . (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Biosong Pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI IPA . BIODIK, 10(3), 466-470. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i3.30781

Most read articles by the same author(s)