Pengembangan Modul Elektronik Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Virus untuk Kelas X SMA/MA
(Development of an Electronic Module Integrated with Islamic Values in Virus Material for SMA/MA)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v10i1.30908Abstract
Masalah dalam penelitian ini ialah minimnya bahan ajar yang tersedia dan belum adanya bahan ajar yang berkaitan dengan Al-Qur’an hadist disekolah yang buansa islam tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul yang terintegrasi nilai keislaman pada materi virus untuk peserta didik kelas 10 SMA, mengetahui kelayakan e-modul, dan mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar e-modul dengan terintegrasi keislaman. Metode pengembangan R & D dengan model pengembangan ADDIE, prosedur penelitian yang mengacu pada tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementasi, dan Evaluate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa amedia pembelajaran yang dikembangkan sangat baik digunakan sebagai sumber belajar peserta didik. Berdasarkan validasi dari ahli materi yang memperoleh persentase keseluruhan sebesar 86% dengan kategori sangat baik, sedangkan validasi ahli media memperoleh persentase keseluruhan sebesar 84% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba respon guru memperoleh persentase sebesar 90% menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk jadi sumber belajar peserta didik dan penilaian uji respon dari 10 peserta didik memperoleh persentase keseluruhan sebesar 86% yang berarti layak dijadikan sumber belajar peserta didik kelas X. Media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai sumber belajar dimanapun dan kapanpun.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kholida Asrofunnisa , Nasrul Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).