PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI

Authors

  • Yovy Fitria
  • upik yelianti
  • Harlis Harlis

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v2iNo%202.4918

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran biologi kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen sesungguhnya (true eksperimental).Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPS siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya yaitu memperoleh persentase 78,16 % pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh persentase 73,14 %. Untuk KPS siswa yang paling tinggi adalah kegiatan merencanakan percobaan dan mengkomunikasikan sedangkan aspek KPS siswa yang paling rendah adalah kegiatan berhipotesis. Dari hasil uji statistik diperoleh thitung=4,7984 dan ttabel=1,89893, dengan thitung> ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Biologi kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-24 — Updated on 2018-04-24

Versions

How to Cite

Fitria, Y., yelianti, upik, & Harlis, H. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI. BIODIK, 2(2), 67 - 72. https://doi.org/10.22437/bio.v2iNo 2.4918

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>