This is an outdated version published on 2020-12-18. Read the most recent version.

Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Siswa Materi Spermatophyta Dengan menerapkan Analisis Fenetik

(Analysis and Reconstruction of Practical Work Spermatophyta Material By applying Phenetic Analysis)

Authors

  • Eliya Mei Sisri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9482

Abstract

Competence in spermatophyta material can be achieved through practicum methods. The practicum student worksheet also determines the achievement of the practicum activity objectives, so it is necessary to analyze the suitability of the components in the worksheet. The purpose of this study is to get a picture of the problems that exist in LKS through the activity of analysis and trials, the results of the analysis and trials are used as a basis for LKS reconstruction. This research uses a descriptive qualitative approach. The population in this study were all high school biology worksheets in class X with spermatophyta material based on the 2013 curriculum and KTSP used by students in schools. Samples were taken by simple random sampling. The samples studied were three 2013 curriculum LKS and three KTSP LKS. The analysis was carried out on 6 LKS of spermatophyta material using practical analysis instruments. The findings of the problem on LPS of spermatophyta were conceptual, practical and knowledge construction. In terms of the percentage of suitability of the SBC LKS with the highest parameters is 72% and the lowest is 44%, while the percentage of conformity of the 2013 LKS K is the highest 64% and the lowest is 36%. This finding suggests that the worksheets that are used are not adapted to changes in KD demands as the curriculum changes. From the findings, the LKS in spermatophyta material needs to be reconstructed in terms of conceptual, practical and knowledge construction. The spermatophyta LKS reconstruction uses a phenetic analysis along with the demands of the 2013 curriculum.

Absrak. Kompetensi yang harus dicapai siswa pada materi tumbuhan adalah dapat mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri umum, menyajikan laporan hasil pengamatan, analisis fenetik dan filogenik tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan. Kompetensi ini dapat dicapai melalui metode praktikum. LKS praktikum turut menentukan pencapaian tujuan kegiatan praktikum, sehingga perlu analisis setiap komponen yang ada dalam LKS. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran permasalahan yang ada pada LKS dan hasil analisis digunakan sebagai dasar rekonstruksi ulang komponen-komponen yang dirasakan tidak sesuai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh LKS  Biologi SMA kelas X materi spermatophyta berbasis Kurikulum 2013 dan KTSP yang digunakan oleh siswa di sekolah. Sampel diambil secara simple random sampling. Sampel yang diteliti adalah tiga LKS kurikulum 2013 dan tiga LKS KTSP. Temuan permasalahan terkait konseptual yaitu (1) kompetensi LKS belum sesuai dengan tuntutan KD; (2) LKS tidak menuliskan judul dan tujuan. Temuan masalahan terkait praktikal yaitu (1) Langkah-langkah praktikum tidak terstruktur; (2) Objek/ fenomena tidak muncul;(3) Objek/fenomena tidak relevan dengan judul/tujuan karena LKS tidak menuliskan judul/tujuan;(4) Tidak ada alokasi waktu praktikum;(5) Tidak ada petunjuk safety lab. Temuan masalah terkait kontruksi pengetahuan yaitu:(1) Tidak ada pertanyaan terkait munculnya suatu prinsip;(2) Tidak ada pertanyaan terkait analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang digunakan pada praktikum spermatophyta di sekolah masih memiliki permasalahan yaitu (1) aspek konseptual;(2) aspek praktikal;(3) aspek konstruksi pengetahuan. Secara persentase kesesuaian LKS dengan parameter masih rendah, sehingga LKS praktikum yang dipakai belum membantu siswa mencapai kompetensi yang dituntut oleh kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdel-Hameed, U. K., Tantawy, M. E., Salim, M. A., Mourad, M. M., & Ishak, I. F. (2015). Phenetic Analysis of Morphological and Molecular Traits in Acanthaceae Juss. Journal of Biosciences and Medicines, 03(03), 18–34. https://doi.org/10.4236/jbm.2015.33004

Abrahams, I., & Millar, R. (2008). Does practical work really work? A study of the effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. International Journal of Science Education, 30(14), 1945–1969. https://doi.org/10.1080/09500690701749305

Aisya, N. S. M., SaefudinSupriatno, B., & Anggraeni, S. (2016). Penerapan Diagram Vee dalam Model Pembelajaran Inquiry Lab dan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan Application of Vee Diagram Learning Strategy Through Inquiry Lab and Gro. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 112–117.

Fathurrohim,(2016) PENGGUNAAN ANALISIS FENETIK UNTUK MENGUNGKAP KONSEPSI SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI TUMBUHAN BERBIJI Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Astuti, T. (2015). Manajemen praktikum pembelajaran ipa. Manajemen Pendidikan, 9(1), 57–64. e-mail: hilariaastuti@yahoo.co.id

Educatuon, L. (2010). Does practical work work ? A study of the effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. 1–35.

Hidayat, T., Sutarno, N., & Awaliyah, R. N. (2015). Pengaruh Penugasan Fenetik Terhadap Penguasaan Konsep Keanekaragaman Tumbuhan Biji. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(2), 209. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i2.247

Hidayat, T. (2017). Menggairahkan pembelajaran taksonomi di kelas menggunakan metode fenetik. February.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013. Jakarta, 1, 5.

Millar, R. (2004). The role of practical work in the teaching and learning of science. October.

Millar, R., & Abrahams, I. (2009). Practical work - Research Database, The University of York. School Science Review, 91(334), vol 91, no. 334, pp. 59-64. https://doi.org/10.1007/978-3-319-07857-1_2

Niteni, N. (2020). NEED ANALYSIS FOR E-BOOK OF PRACTICUM INSTRUCTIONS BASED ON TRI NEED ANALYSIS FOR E-BOOK OF PRACTICUM INSTRUCTIONS BASED ON TRI N ( NITENI , NIROKKE , NAMBAHI ). January.

Rustaman, N. R. dan A. R. (2003). Kemampuan Kerja Ilmiah dalam Sains (Karakteristik Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Biologi. Upi, 3–3. https://doi.org/10.4103/0019-5413.93682

Rustaman, N. Y. (2005). PERKEMBANGAN PENELITIAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PENDIDIKAN SAINS Development of Research in Inquiry Science Teaching. Seminar Nasional II, 22–23.

Sani, S. S. (2014). Teachers’ Purposes and Practices in Implementing Practical Work at the Lower Secondary School Level. Procedia - Social and Behavioral Sciences,116(1996), 1016–1020. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.338

Sadikin, A., & Hakim, N. (2015). Program Studi Pendidikan Biologi. 163–174.

Supriatno, B. (2013). Pengembangan Program Perkuliahan Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Berbasis ANCORB untuk Mengembangkan Kemampuan Merancang dan Mengembangkan Desain Kegiatan Laboratorium. http://repository.upi.edu/id/eprint/3661

Supriatno, B., & Si, M. (2018). Praktikum untuk Membangun Kompetensi. 15, 1–18.

The Society for Biology. (2010). The Importance of Practical Biology : from School to Higher Education. 44(277981).

Wulandari, R., & Melati, H. (2013). Analisis Keterampilan Komunikasi Dalam Penyusunan Laporan Praktikum Termokimia Pada Siswa Kelas Xi Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(5), 1–13.

Yılmaz, İ., & Yalçın, N. (2012). The relationship of procedural and declarative knowledge of science teacher candidates in Newton’s laws of motion to understanding. American International Journal of Contemporary Research, 2(3), 50–56.

Yuniastuti,E., (2013).Peningkatan keterampilan proses,motivasi, dan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan.Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 14 No. 1, Hal.79

Downloads

Published

— Updated on 2020-12-18

Versions

How to Cite

Eliya Mei Sisri, Sri Anggraeni, & Bambang Supriatno. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Siswa Materi Spermatophyta Dengan menerapkan Analisis Fenetik: (Analysis and Reconstruction of Practical Work Spermatophyta Material By applying Phenetic Analysis). BIODIK, 6(4), 454-467. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9482

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4