Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis TPACK pada materi kimia SMA
DOI:
https://doi.org/10.22437/chp.v6i1.11679Keywords:
perangkat pembelajaran, TPACK, metode survei, materi kimiaAbstract
Pembelajaran kimia sangat erat kaitannya dengan fakta dan konsep ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari. Materi kimia bersifat abstrak dan sulit dipahami jika diajarkan menggunakan metode ceramah. Mengakibatkan siswa menjadi kurang kreatif dalam memecahkan masalah dan prestasi belajar menjadi rendah. Dengan demikian dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat membantu dalam proses pembelajaran, seperti RPP dan bahan ajar berupa e-LKPD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan keterampilan guru yang kreatif dan inovatif dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran karakterisitik siswa kemudian digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis TPACK dalam pembelajaran kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan wawancara. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Sampel diambil secara purposive sampling dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil survei menyatakan sebanyak 57,6 % siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan 72,7% kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan. Hasil survei juga mengatakan bahwa seluruh siswa membutuhkan pengembangan perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan TPACK untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis TPACK pada materi kimia.