Analisis Proses Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Matakuliah Matematika Diskrit Mahasiswa Matematika Program Reguler Mandiri FKIP Universitas Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2665Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil analisis proses berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada matakuliah Matematika Diskrit Program Reguler Mandiri Tahun FKIP Universitas Jambi Tahun Angkatan 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian diambil 2 orang mahasiswa yang mempunyai kemampuan terendah pada mata kuliah Matematika Diskrit. Subjek penelitian diambil berdasarkan hasil pengujian matematika diskrit yang dilakukan beberapa kali sampaidiperoleh subjek penelitian yang jenuh. Hasil penelitian diperoleh proses berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah Matematika Diskrit Program Reguler Mandiri FKIP Universitas Jambi Tahun Angkatan 2012/2013 masih rendah karena mahasiswa belum memenuhi ketrampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal-soal. Demikian juga kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada matakuliah Matematika Diskrit Program Reguler Mandiri FKIP Universitas Jambi Tahun Angkatan 2012/2013 masih rendah karena mahasiswa belum memenuhi langkah-langkah pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal-soal.
Kata Kunci : Proses berpikir kritis, Kemampuan pemecahan matematika
Downloads
Published
Versions
- 2023-06-01 (1)
- 2023-06-01 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2015 Nizlel Huda, Dewi Iriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.