Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i02.2929Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa sekolah dasar kelas V pada materi luas layang- layang dan trapesium melalui model pembelajaran Number Head Together (NHT). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen, dan tipe desain non - equivalent control grup desain. Sampel penelitian siswa kelas V SD Pagedangan, Tangerang. Instrument penelitian yang digunakan soal pretest dan posttest yang dibuat sesuai dengan kemampu an indikator kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat peningkatan terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas V SD Pagedangan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai postest dari kelas eksperimen dengan si g = 0.25 > 0.05 yang mengakibatkan H0 diterima.
Kata kunci: Number Head Together (NHT), Kemampuan Representasi Matematis, Luas Trapesium dan Layang-Layang
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2015-10-15 (1)
- 2015-10-15 (1)