Pengaruh Kemandirian Belajar, Gender, dan Keyakinan Matematika terhadap Pembuktian Matematika
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i2.33764Kata Kunci:
gender, kemandirian belajar, keyakinan matematika, pembuktian matematikaAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, gender dan keyakinan matematika terhadap pembuktian matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di salah satu SMA N 1 Ngawen dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa dari kelas yang berbeda yaitu siswa kelas X.6, X8, dan XI.9. Instrumen yang digunakan ialah tes pembuktian matematika dan instrumen non-tes berupa angket kemandirian dan angket keyakinan matematika dengan menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan alat bantuan program SPSS 23.0 yang terdiri dari analisis deskriptif, uji prasyarat analisis data dan pengujian hipotesis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara bersama-sama kemandirian belajar, gender dan keyakinan matematika berpengaruh terhadap pembuktian matematika, kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap pembuktian matematika, gender tidak berpengaruh terhadap pembuktian matematika, dan keyakinan tidak berpengaruh terhadap pembuktian matematika, siswa kelas X.6, X8, dan XI.9 SMA N 1 Ngawen.
Unduhan
Referensi
Ariani, S., Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., & Arjudin, A. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Materi Barisan dan Deret di Masa Pandemi COVID-19. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4). https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.250
Bungsu, T. K., Vilard, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382–389.
Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6080
Dewi, N.S., & Dasari, D. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Pembuktian Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 240-254. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1987
Dzulkifli, M., Samsudin, A., & Budi, A. S. (2022). Analisis Tingkat Kompetensi Mahasiswa Terhadap Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Pada Dacum Chart Program Studi Teknologi Industri Pangan. Jendela Pendidikan, 2(03). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.253
Erawati, N. K., & Purwati, N. K. R. (2020). Kemampuan Pembuktian Matematika Berdasarkan Gender Dan Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 109. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2617
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019a). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Smp Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 01(02), 288–296.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019b). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 01(02).
Firdausy, A. R., Setyaningsih, N., Ishabu, L. S., & Waluyo, M. (2019). The Contribution of Student Activity and Learning Facilities to Learning Independency and its Impact on Mathematics Learning Outcomes in Junior High School. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 29–37. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8104
Hakim, A. R., Yuwono, I., Subanji, & Raharjo, S. (2016). Studi Kuantitatif: Perubahan Keyakinan Mahasiswa tentang Matematika Sebelum dan Saat Kuliah di Politeknik. Jppm, 9(1), 50–62.
Hasan, M., Harahap, T. K., Mainuddin, Trisnawati, S. N. I., Nuraisyiah, Hamzah, H., Atirah. (2023). Pengantar Pendidikan Indonesia: Arah Baru dalam Membentuk Profil Pancasila. Penerbit Tahta Media.
Herizal, H. (2020). Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa [Factors that Influence Students’ Mathematical Proof Ability]. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Lamongan, 2(1), 33–42.
Imran, A. P., Kadir, & Mustamin, A. (2017). Analisis Literasi Matematik dan Keyakinan Matematik Siswa SMA Negeri di Kota Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 159–168.
Isharyadi, R., & Deswita, H. (2017). Pengaruh Mathematical Beliefs Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma. Pythagoras, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V6I1.596
Kartika, D. L. (2020). Aktivitas Metakognisi Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Program Linear (Studi Kasus Berdasarkan Perbedaan Gender). Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.21580/square.2020.2.2.6481
Liviananda, F., & Ekawati, R. (2019). Hubungan Keyakinan Siswa tentang Matematika dan Pembelajarannya dengan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2).
Lubis, L., Abdillah, A., & Lubis, H. K. (2020). IJLRES - International Journal on Language, Research and Education Studies ISSN : 2580-6777 (p); 2580-6785 (e). International Journal on Language, Research and Education Studies, 4(2), 209-222. https://doi.org/10.30575/2017/IJLRES-2019091201
Marniati, Jahring, & Yuliani, W. (2021a). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Loea. Arus Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.57250/ajup.v1i2.5
Marniati, Jahring, & Yuliani, W. (2021b). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Loea. Arus Jurnal Pendidikan, 1(2), 35–40. https://doi.org/10.57250/ajup.v1i2.5
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51–57.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156
Mundy, J. F. (2000). how. In Notices of the American Mathematical Society (Vol. 47, pp. 868–876).
Nugraha, D. A. (2020a). Pengaruh Gender dan Rombongan Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Boarding School. Jurnal Educatio, 6(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.599
Nugraha, D. A. (2020b). Pengaruh Gender Dan Rombongan Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Boarding School. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 232–241. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.599
Payadnya, I. P. A. A. (2019). Investigation of students’ mathematical reasoning ability in solving open-ended problems. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1200/1/012016
Rachma, D. M., Ardianti, S. D., & Zuliana, E. (2022). Tingkat Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV Ditinjau Dari Gender Di SD N Galiran. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 108–112. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i2.8651
Rifandi, R. (2017). Supporting Students’ Reasoning About Multiplication of Fractions by Constructing an Array Model. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 99–110. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3385
Samsudin, A., Setia Budi, A., & Dzulkifli, M. (2021). Jurnal jendela pendidikan. Jendelaedukasi.Id, 01(02), 48–60.
Sommerhoff, D., Brunner, E., & Ufer, S. (2021). How Beliefs Shape the Selection of Proofs for Classroom Instruction. Proceedings of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 4(March), 73–80.
Tanzila, S., & Nasution, H. A. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(2), 21. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.233
Tujuh, S. D. (2019). Pentingnya Ganjaran dan Hukuman terhadap Perilaku Kemandirian Siswa dalam Pendidikan Agama Islam. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i1.864
Utari, T., & Hartono, H. (2019). Muatan penalaran dan pembuktian matematis pada buku teks matematika SMA kelas X Kurikulum 2013. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.17002
Utomo, H. P., Hendrayana, A., Yuhana, Y., & Saputro, T. V.D. (2021). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 106. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v3i2.12643
Waluyo, M., & Vidákovich, T. (2021a). Assessment of Students’ Mathematical Proof Comprehension: Gender and Year Level Background. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012017
Waluyo, M., & Vidákovich, T. (2021b). Assessment of Students’ Mathematical Proof Comprehension: Gender and Year Level Background. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012017
Xiao, C., Yu, P., & Yan, L. (2009). Influences on Affect and Achievement: High School Students’ Epistemological Beliefs about Mathematics. In Journal of Mathematics Education © Education for All (Vol. 2).
Yazidah, N. I. (2017). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Pembuktian Geometri Euclid Ditinjau Dari Gender Pada Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 71–80. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp71-80
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Wahyu Yuliana, Mohamad Waluyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.