Desain Pembelajaran Elpsa Pada Materi Pencerminan
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i02.3622Abstract
Beberapa guru mengajarkan konsep pencerminan dengan cara yang abstrak. Akibatnya tidak semua siswa memahami dengan baik konsep
tersebut. Oleh sebab itu, perlu dirancang pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa melakukan aktivitas matematika, salah
satunya melalui ELPSA framework. ELPSA framework terdiri dari komponen experience, language, pictorial, symbol,dan application.
Tulisan ini membahas contoh penerapan ELPSA framework pada materi pencerminan. Pembelajaran diawali dengan guru
mengeksplorasi pengalaman (experience) siswa ketika bercermin. Setelah itu siswa mengungkapkan dengan bahasa (language) sendiri
hubungan jarak benda terhadap cermin dan jarak bayangan terhadap cermin dengan bantuan papan berpaku, yang mengarah pada istilah matematika. Selanjutnya melalui gambar (pictorial) pada koordinat kartesius, siswa menemukan kesimpulan dalam bentuk symbol yang
abstrak tentang bayangan titik jika dicerminkan terhadap garis. Untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa, siswa mengaplikasikan
(application) pemahaman mereka tentang pencerminan dengan menyelesaikan soal-soal yang „baru†yang lebih menantang.
Kata kunci: ELPSA Framework, Pencerminan.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2017-09-06 (1)
- 2017-09-06 (1)