Pengembangan Lembar Kerja RME dengan Konteks Maritim untuk Menguatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Penulis

  • Rupita Mina Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sujinal Arifin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Komarudin Komarudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v15i1.41178

Kata Kunci:

bilangan bulat, kemampuan komunikasi matematis, lembar kerja, RME

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan lembar kerja berbasis RME untuk pembelajaran bilangan bulat yang memenuhi standar validitas, kepraktisan, serta memiliki efek potensial terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengadopsi tahapan ADDIE yang meliputi analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Partisipan penelitian melibatkan 33 peserta didik kelas VII di SMPN 33 Palembang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi dan lembar kepraktisan yang dinilai menggunakan skala Likert 1–5, serta tes kemampuan komunikasi matematis yang dinilai berdasarkan pedoman penskoran. Berdasarkan hasil analisis, lembar kerja yang dikembangkan mencapai tingkat kevalidan dengan skor rata-rata 4,36 (kategori sangat valid). Uji kepraktisan awal melalui one-to-one dan small group menunjukkan kategori sangat praktis, sehingga produk dinyatakan layak untuk diimplementasikan. Hasil uji kepraktisan pada tahap implementasi juga menunjukkan skor rata-rata 4,60 (kategori sangat praktis). Adapun efek potensial terlihat dari pencapaian rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis sebesar 80,30 setelah implementasi lembar kerja (kategori sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan memberikan efek potensial yang diharapkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Rizal, A. A., & Trisnawati, N. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 186–197. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p186-197

Alam, A., & Mohanty, A. (2024). Unveiling the complexities of ‘Abstract Algebra’ in University Mathematics Education (UME): fostering ‘Conceptualization and Understanding’ through advanced pedagogical approaches. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2355400

Alfiyanti, D. G., & Erita, Y. (2023). Validitas Bahan Ajar Dengan Model Problem Based Learning Materi Ips Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Penggerak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2353–2371. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.558

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1978–1986. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940

Ardiawan, I. K. N. (2024). Pengembangan Komik Audio Visual Pendidikan Pancasila Berorientasi Kearifan Lokal. Jayapangus Press, 7(4), 181–194.

Arifin, S., Reihani, M., & Efriani, A. (2024). How Valid is the Development of the E-Module for AR-enabled Cube Surface Area Material in The Context of The Palembang Wardrobe? INOMATIKA, 6(2), 142–154. https://doi.org/10.35438/inomatika.v6i2.467

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2021). Investigasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Cacah: Kasus Pada Kesalahan Prosedural Dan Kesalahan Konsep. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.507

Benu, R. S. M., Jenahut, K. S., & Benu, A. B. N. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 1–10.

Berget, I. K. L. (2023). Mathematical modelling in the discourses of the KOM and PISA frameworks and teacher interviews. Research in Mathematics Education, 26(3), 425–442. https://doi.org/10.1080/14794802.2023.2165536

Bitu, Y. S., Setiawi, A. P., Bili, F. G., Iriyani, S. A., & Patty, N. S. (2024). Pembelajaran Interaktif: Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 193–198.

Chandra, A., & Hidayati, A. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 280. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14336

Chasanah, C., Riyadi, & Usodo, B. (2020). The effectiveness of learning models on written mathematical communication skills viewed from students’ cognitive styles. European Journal of Educational Research, 9(3), 979–994. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.979

Daryono, D., Rayanto, Y. H., & Damayanti, A. M. (2023). Assessing Aspects and Items Validity, Practicality and Effectiveness on Students’ Final Project. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 6(4), 684–703. https://doi.org/10.29062/edu.v6i4.657

Dewantara, A. H., Istiyono, E., Retnawati, H., & Suyanto, S. (2024). Investigating Pre-Service Primary School Teachers’ Difficulties in Solving Context-Based Mathematics Problems: An Error Analysis. Mathematics Teaching-Research Journal, 16(2), 28–47.

Hughes, E. M., Riccomini, P. J., & Lee, J. Y. (2020). Investigating written expressions of mathematical reasoning for students with learning disabilities. Journal of Mathematical Behavior, 58(February). https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2020.100775

Indriani, M., Niswah, C., & Arifin, S. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis inkuiri terbimbing pada materi transformasi geometri. Jurnal Pendidikan RAFA, 165–180.

Kenney, S., & Ntow, F. D. (2024). Unveiling the Errors Learners Make When Solving Word Problems Involving Algebraic Task. SAGE Open, 14(4), 1–13. https://doi.org/10.1177/21582440241299245

Lugosi, E., & Uribe, G. (2022). Active learning strategies with positive effects on students’ achievements in undergraduate mathematics education. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(2), 403–424. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1773555

Malau, S., Sugilar, & Yumiati. (2021). Analisis Hambatan Belajar Operasi Bilangan Bulat (Studi Kasus Pada Kelas VII SMP Katolik ST Paulus Palangka Raya) Oleh: Jurnal Pendidikan, 22(2), 116–129. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3994

Meika, I., Solikhah, E. F. F., Yunitasari, I., & Sujana, A. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis RME terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Ketuntasan Belajar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 211–221. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.9314

Nurmasari, L., Budiyono, Nurkamto, J., & Ramli, M. (2024). Realistic Mathematics Engineering for improving elementary school students’ mathematical literacy. In Journal on Mathematics Education (Vol. 15, Issue 1, pp. 1–26). Sriwijaya University. https://doi.org/10.22342/jme.v15i1.pp1-26

OECD. (2024). PISA 2022 Results (Volume III): Creative Minds, Creative Schools, PISA. In Factsheets: Vol. I. OECD. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/

Palinussa, A. L., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2021). Realistic mathematics education: Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 522–534. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20640

Pertiwi, P., Handoko, H., & Toheri, T. (2020). Pengaruh penerapan meaningful learning berbantuan LKPD bertema terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan metakognitif peserta didik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 127–137. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14464

Putri, N. D., Syahrilfuddin, S., & Guslinda, G. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(6), 1930. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8634

Rofiq, A., Atmadi, A., Nurazizah, S., & Nuryami, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bilangan Bulat Dengan Strategi Problem Based Learning Menggunakan Papan Bilangan. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2, 72–82.

Siregar, N. C., Rosli, R., & Maat, S. M. (2020). The effects of a discovery learning module on geometry for improving students’ mathematical reasoning skills, communication and self-confidence. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(3), 214–228. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.3.12

Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. Information (Switzerland), 13(9), 1–20. https://doi.org/10.3390/info13090402

Sukasno, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Somakim. (2024). The Design of Student Worksheet on Integer Material Using the Context of Musi Rawas Tourism. Jurnal Math Educator Nusantara, 10(2), 210–220.

Susandi, A. D., & Widyawati, S. (2022). Implementation of realistic mathematic education (RME) learning model in improving critical thinking skills. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 251–260. https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i2.14996

Tadeu, P. J. A. (2024). A synopsis of the importance of teaching fractions to children until K-10. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(8). https://doi.org/10.29333/ejmste/14878

Tong, D. H., Uyen, B. P., & Quoc, N. V. A. (2021). The improvement of 10th students’ mathematical communication skills through learning ellipse topics. Heliyon, 7(11), e08282. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08282

Uyen, B. P., Tong, D. H., Loc, N. P., & Thanh, L. N. P. (2021). The effectiveness of applying realistic mathematics education approach in teaching statistics in grade 7 to students’ mathematical skills. Journal of Education and E-Learning Research, 8(2), 185–197. https://doi.org/10.20448/JOURNAL.509.2021.82.185.197

Vanesa, Y., Yerizon, Y., Desyandri, D., & Hadiyanto, H. (2021). Validitas Pengembangan LKPD Matematika Menggunakan Pendekatan RME Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 358–363. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3320

Wang, J., Wang, Y., & Kashef, S. S. (2024). Pioneering quantitative assessment of questioning competency in elementary pre-service teachers using Likert-scale questions. International Journal of Science Education, December, 1–24. https://doi.org/10.1080/09500693.2024.2439141

Yilmaz, R. (2020). Prospective mathematics teachers’ cognitive competencies on realistic mathematics education. Journal on Mathematics Education, 11(1), 17–44. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.8690.17-44

Yonathan, A. B., & Seleky, J. S. (2023). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa [Realistic Mathematics Education To Optimize Students’ Understanding of Mathematical Concepts]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(2), 143–155. https://doi.org/10.19166/johme.v7i2.6233

Yudhi, P., & Septiani, F. (2024). Pembelajaran Dengan Etnomatematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Abstrak. Inovasi Pendidikan, 11(1), 59–64. https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5649

Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pmri Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Smp Kelas Ix. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 60–67.

Yuswan, S. A., & Maat, S. M. (2021). Pengetahuan Konseptual dan Prosedural dalam Matematik: Satu Sorotan Literatur Sistematik. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(12), 94–108. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i12.1178

Diterbitkan

06-05-2025

Cara Mengutip

Sari, R. M., Arifin, S., & Komarudin, K. (2025). Pengembangan Lembar Kerja RME dengan Konteks Maritim untuk Menguatkan Kemampuan Komunikasi Matematis . Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 40–54. https://doi.org/10.22437/edumatica.v15i1.41178