The Problem Solving Ability of Students on the Material Perimeter and Area of a Triangle

Authors

  • Sabaniatun Sabaniatun Undikma Mataram
  • Baiq Rika Ayu Febrilia Undikma Mataram
  • Eliska Juliangkary Undikma Mataram

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.6074

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi keliling dan luas segitiga melalui metode problem solving. Penelitian dilaksanakan pada SMPN 1 Batukliang Utara pada tahun pelajaran 2017/2018. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 23 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan dua LKS yang telah dikerjakan oleh siswa secara berkelompok dan kemudian dikonfirmasi melalui wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap beberapa orang siswa perwakilan kelompok. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan dalam teknik menganalisis datanya, yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dua LKS yang dikerjakan siswa secara berkelompok, setiap kelompok berusaha untuk memahami masalah dengan membaca soal tersebut tanpa bersuara dan mengubah informasi dalam soal ke dalam bahasa yang sering digunakan oleh siswa. Setiap kelompok mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang di tanyakan pada soal. Saat menetapkan jawaban sementara, setiap kelompok hanya mampu menyelesaikan masalah dengan satu cara yang hanya dipahami oleh masing-masing kelompok yaitu dengan menggunakan rumus keliling dan luas segitiga. Pada langkah pemeriksaan kembali dan penarikan kesimpulan, masih terdapat beberapa kelompok yang hanya melihat hasil atau jawaban yang didapatkan tanpa membuktikan kembali apakah jawaban yang didapatkan sudah benar atau tidak.

Kata Kunci: kemampuan siswa; pemecahan masalah; keliling dan luas segitiga

 

Students’ Problem Solving Ability in Perimeter and Area of Triangle

 

Abstract

This study aims to describe students' problem-solving abilities in the perimeter and the area of ​​the triangle through problem solving methods. The study was carried out at North Batukliang 1 Junior High School in the 2017/2018 school year. The subjects involved in this study were 23 grade VII students. Data was collected using two worksheets that had been done by students in groups and then confirmed through interviews conducted by researchers against several students representing the group. This study used three stages in the technique of analysing the data, namely the stages of data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that of the two worksheets that students worked in groups, each group tried to understand the problem by reading the questions without speaking and changing the information in the questions into the language that was often used by students. Each group is able to write down what is known and what is asked about the question. When setting a temporary answer, each group is only able to solve the problem in one way that is only understood by each group, using the perimeter and the area formula of ​​the triangle. In the re-examination steps and conclusions, there are only several groups that look back at the results/ answers have been obtained without proving whether the answers obtained are correct or not.

Keywords: students’ ability; problem solving; perimeter and area of triangle

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, W.N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistis Untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 1-10.
Bey, A. & Asriani. (2013). Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 224-239.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).
Febrilia, B. R. A. (2017). Pembelajaran Distribusi Poisson dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 1-14.
Febriyanti, R. & Masriyah. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 2(5).
Juliangkary, E., & Febrilia, B. R. A. (2018). Profil Guru Ditinjau dari Permasalahan Matematika yang Dikembangkan: Termasuk Rich Tasks atau Bukan?. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(3).
Mardiana, S. (2017). Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Aplikasi Turunan. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(1), 40-44.
Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. EXACTA, 10(2), 136-139.
Nisa, H. M., Sa’dijah, C., & Qohar, A. (2016, November). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Bergaya Kognitif Field Dependent. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Patmawati, D., Rahmah, J., & Tuti, Z. (2013). Pembelajaran segitiga dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Karakter di Kelas VII SMP N egeri 3 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, no 2, vol 6, 120-129.
Ramadzani, R. A. & Khabibah, S. (2014). Profil Peserta Didik SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 3(3).
Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75-82.
Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis proses pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148-161.
Yaqin. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Dasar-Dasar Kelistrikan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tehnik Elektro, no 1, vol 2, 237-245.
Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12.

Downloads

Published

2019-11-17 — Updated on 2019-11-17

Versions

How to Cite

Sabaniatun, S., Febrilia, B. R. A., & Juliangkary, E. (2019). The Problem Solving Ability of Students on the Material Perimeter and Area of a Triangle. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 1-13. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.6074