PENGARUH PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.682Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertitik tolak pada permasalahan: bagaimana pengaruh pembelajaran geometri dengan pendekatan induktif? Tujuan penelitian ini adalah: (1)untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran geometri dengan pendekatan induktif terhadap hasil belajar, (2) untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran geometri dengan pendekatan induktif lebih tinggi daripada yang menerapkan pembelajaran konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Untuk menganalisis data penulis menggunakan rumus t,diperoleh t= 3,88, dan dari total distribusi t pada taraf signifikan 5% dari daftar diketahui t= 1,98 dan t= 1,66, maka t > t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika yang menerapkan pendekatan induktif lebih tinggi dari pada yang menerapkan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : pembelajaran geometri, pendekatan induktif, hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2011-10-15 (1)
- 2011-10-15 (1)