Pembelajaran Teorema Phytagoras dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) pada Siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi

Penulis

  • Rohati -
  • Sri Winarni
  • Rice Osviarni

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.842

Abstrak

Abstrak

 

Strategi REACT merupakan salah satu strategi yang diterapkan dalam pembelajaran matematika khususnya materi teorema phytagoras. Dengan strategi ini diharapkan dapat mengaktifkan siswa dalam belajar dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi REACT dapat meningkatkan  respon dan aktivitas siswa di kelas VIII.E SMP Negeri 16 Kota Jambi. Temuan dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa sangat dominan pada saat experiencing. Hal ini dikarenakan siswa semangat ketika diminta untuk mengeksplorasi konsep dari  dengan strategi REACT dengan menggunakan lembar kerja siswa dan alat peraga. Sedangkan aktivitas yang paling sedikit pada saat transferring. Pada saat ini siswa belum terbiasa mentranfer pengetahuan yang sudah ia miliki dengan situasi atau konteks yang baru.

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Teorema Phytagoras, Strategi REACT

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

15-10-2012 — Diperbaharui pada 15-10-2012

Versi

Cara Mengutip

-, R., Winarni, S., & Osviarni, R. (2012). Pembelajaran Teorema Phytagoras dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) pada Siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.842

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>