Proyek Video Sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Daring Mata Kuliah Kimia Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22437/jisic.v12i2.11005Abstract
[ Video Project As an Alternative Assessment in Learning Basic Chemistry Courses ]
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa dalam penggunaan tugas proyek video sebagai asesmen alternatif pada mata kuliah Kimia Dasar selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari calon guru (N = 80) yang diberikan tugas proyek video untuk menjelaskan materi dan soal-soal pada mata kuliah Kimia Dasar. Di akhir sesi, mahasiswa mengisi kuesioner untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai pembelajaran denga tugas proyek video. Wawancara juga dilakukan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon positif pada tugas proyek video memberikan manfaat bagi mahasiswa yaitu mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan, meningkatkan motivasi, dan kemandirian dalam belajar. Selain itu, tugas proyek video ini juga memberikan manfaat dalam kerja tim dan peningkatan keterampilan dalam menggunakan teknologi untuk belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Julia Mardhiya, Hanifah Setiowati, Lenni Khotimah Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.