Pembelajaran Online di Program Studi Pendidikan Kimia : Survei Kesiapan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.22437/jisic.v13i1.12263Abstract
[Online Learning in Chemistry Education Study Programs: Student Readiness Surveys]
Kesiapan mahasiswa merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran daring. Studi ini mengeksplorasi kesiapan mahasiswa untuk pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian survei dengan instrumen Online Readiness Scale (OLRS) yang valid dan reliabel. OLRS memiliki lima aspek yaitu efikasi diri dalam penggunaan komputer, kemandirian dalam belajar, pengendalian diri, motivasi, dan efikasi diri dalam komunikasi secara online. 90 mahasiswa terlibat dalam survei kesiapan mahasiswa ini. Hasil pengisian angket dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Media pembelajaran online yang paling sering digunakan mahasiswa adalah E-Learning dan Whatapps Group. Mahasiswa memiliki tingkat kesiapan tertinggi dalam dimensi efikasi diri pada komputer dan internet, diikuti oleh kemandirian dan motivasi untuk belajar. Sedangkan yang terendah adalah efikasi diri pada komunikasi online dan pengendalian diri. Tantangan terbesar yang mereka hadapi saat belajar online adalah konektivitas internet diikuti dengan data broadband yang terbatas. Hal ini dapat dijadikan evaluasi dalam penyelenggaraan pembelajaran online di Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Julia Mardhiya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.