Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Materi Pengujian Korosi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.22437/jisic.v15i1.14741Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran virtual reality pengujian korosi yang didesain untuk dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Pendekatan yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D. Validasi ahli materi dan media digunakan untuk menilai kelayakan media. Kepraktisan dan efektivitas media di uji pada kelompok kecil. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, laporan praktikum dan angket. Data terdiri dari kualitatif dan kuantitatif dimana data dikumpulkan dengan menggunakan model concurrent atau bersamaan. Data kuantitatif diolah menjadi dalam persentase dan di interpretasikan menjadi tingkat kelayakan dan tingkat kepraktisan media. Efektivitas merupakan kemampuan media yang dikembangkan dalam mendukung peningkatan keterampilan proses sains mahasiswa. Data kualitatif menggambarkan keterampilan proses sains mahasiswa yang teramati selama mahasiswa mengikuti uji coba media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran virtual reality pengujian korosi sangat layak dan praktis untuk digunakan pada praktikum pengujian korosi secara virtual serta dapat digunakan untuk melatih keterampilan proses sains mahasiswa secara mandiri maupun secara terbimbing.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Edi Elisa, I Nyoman Pasek Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.