PENGGUNAAN PjBL TERINTEGRASI STEAM DAN LIFE SKILL MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA ANORGANIK
DOI:
https://doi.org/10.22437/jisic.v14i1.16615Abstract
The Use Of PjBL Integrated STEAM and Students Life Skills in Inorganic ChemistryLearning
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menerapkan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) yang terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dan hubungannya dengan life skill Mahasiswa dalam pembelajaran Kimia Anorganik. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan pre-test dan post-test, project assessment pembuatan Batik serta presentasi Kelompok dari tugas Kelompok dalam LKM (Lembar Kerja Mahasiswa) pada Mata Kuliah Kimia Anorganik III. Tugas Kelompok yang berkaitan dengan Senyawa Koordinasi dan Isomer Senyawa Koordinasi yang dilustrasikan ke dalam Motif Batik Jambi. Art atau seni batik motif “Angso Duo†sebagai ilustrasi isomer levo dan dextro etilendiammintetraasetatokobaltat(III) dimana gugus etilen sebagai ilustrasi pada bagian ekor binatang Angsa. Engineering atau rekayasa dikembangkan melalui bahan pewarna Batik menggunakan bahan alami.
Hasil Uji korelasi diperoleh 0,57 nilai signifikasi diperoleh F hitung sebesar 0,006 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sebagai F teori. Uji determinasi diperoleh R2 sebesar 0,374 atau l=0,37 % yang menunjukkan bahwa kesesuaian penggunaan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM dengan life skill mahasiswa pada praktikum pembuatan Batik dengan menggunakan Teori Kimia Anorganik III tergolong kuat (37.4%) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel luar (62,6 %).Â
Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa diperoleh hasil yang baik, jika pembelajaran PjBL diintegrasikan dengan model STEAM dan dapat diketahui hubungannya dengan life skill yang dikembangkan mahasiswa. Batik dibuat dalam rangka Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) untuk bahan baju dengan ukuran 90 x 200 cm sebagai produk karya mahasiswa.
Kata Kunci: kimia anorganik, life skill, motif batik jambi, PjBL, STEAM, terintegrasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ngatijo Ngatijo, Restina Bemis , Ratih Dyah Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.