Efektivitas Penggunaan E-Modul Kimia Dasar Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Mahasiswa pada Materi Termokimia
DOI:
https://doi.org/10.22437/jisic.v15i2.27826Abstract
[Effectiveness of Using Basic Chemistry E-Modules Based on Problem Based Learning in Improving Students' Problem Solving Ability on Thermochemical Material]
Sebuah e-modul yang valid belum tentu efektif, sehingga diperlukan pengujian untuk mengetahui keefektifan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-modul kimia dasar Problem Based-Learning (PBL) pada materi termokimia. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Subjek penelitian adalah 43 mahasiswa semester 1 program studi Pendidikan Kimia Universitas Tanjungpura. Perlakuan yang diberikan adalah penggunaan e-modul kimia dasar berbasis PBL pada bahan termokimia. Teknik pengumpulan data berupa teknik pengukuran dan komunikasi langsung. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 4 soal essay studi kasus dan pedoman wawancara. Analisis efektivitas menggunakan rumus N-Gain dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil kemampuan pemecahan masalah siswa saat pretest 29% (kurang baik) dan saat posttest 85% (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,79 (tinggi) dengan kategori efektif. Dengan demikian, dapat dikatakan e-modul kimia dasar berbasis PBL efektif.
Kata kunci/keyword: Efektivitas, E-modul, PBL, Termokimia Effectiveness, E-module, PBL, Thermochemistry
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Rezha Mahendra, Eny Enawaty, Tulus Junanto, Rini Muharini, Ira Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.