Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Pendekatan Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada Materi Elektrokimia untuk Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 4 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jisic.v7i1.4838Abstract
Siswa cenderung memperoleh pengetahuan sebatas dari buku cetak dan penjelasan guru, sementara gaya belajar yang dimiliki siswa beragam seperti Auditory, Visual, Kinesthetic, dan Intellectual. Gaya mengajar guru yang cenderung auditory menjadikan gaya belajar siswa kurang terangkum, untuk itu dibutuhkan suatu media yang dapat merangkum ragam gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan e-book interaktif berbasis pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada materi Elektrokimia dan untuk mengetahui respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE dengan tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli (ahli media dan ahli materi) dan dinilai oleh guru serta diujicobakan kepada kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book interaktif berbasis pendekatan SAVI menurut ahli media, ahli materi, dan penilaian guru masing-masing diperoleh rerata skor jawaban sebesar 4,22 (sangat baik); 4,79 (sangat baik); dan 4,71 (sangat baik) selanjutnya persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 85,3% (sangat baik). Sehingga produk e-book interaktif ini layak digunakan dalam pembelajaran mandiri maupun di sekolah berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, penilaian guru dan respon siswa. Dari proses pengembangan yaitu validasi media dan materi serta hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-04-09 (1)
- 2018-04-09 (1)