HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA AWAL
Abstrak
Penggunaan media sosial umum di kalangan remaja, penggunaan media sosial dapat mempengaruhi konsep diri pada remaja salah satunya harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan penggunaan media sosial dengan harga diri pada remaja awal. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan corss sectional. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Pekanbaru dengan jumlah sampel 270 responden yang diambil berdasarkan kriteria inklusi dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Networking Time Use Scale (SONTUS) dan Rosenberg Self Esteem Scale (RSES). Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden berusia 13 tahun sebanyak 130 orang (48,1%), dan mayoritas berjenis kelamin Perempuan sebanyak 152 orang (56,3%). Hasil uji statistik pearson chi-square diperoleh nilai p-value=0,334 (p>0.05) sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan harga diri pada remaja awal. Remaja yang menggunakan media sosial dengan kategori sedang memiliki harga diri yang tinggi. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian kualitatif terkait hubungan penggunaan media sosial dengan harga diri pada remaja awal terkait penelitian ini.