LATO-LATO EFFECT: EFEKTIVITAS PERMAINAN LATO-LATO DENGAN KEMAMPUAN GERAK MOTORIK DAN KOORDINASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK THE EFFECT OF LATO-LATO: EFECTIVENESS OF LATO-LATO IN MOTORIC ABILITY AND COORDINATION WITH CHILDREN GROWTH AND DEVELOPMENT.
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
Introduction This study aims to see the influence of the latto-latto game on the development of motor skills, especially in the aspect of visual motor skills in children. The data source for this research is class 6A students from the Inpres Malengkeri Multi-Level Elementary School.
Methods This research uses purposive sampling. The data collection technique used was a visual motor coordination test, namely the dominant and non-dominant hand ruler drop test, then the ball throwing and catching test. The data obtained were analyzed using descriptive statistical analysis, normality test, and hypothesis testing.
Results The results obtained state that: (1)The results of the hypothesis test on the overall dominant hand ruler drop test variable from the first day to the last day are the results obtained from a significance value of less than 0.05, a significance value of 0.001 which means there is an influence; (2)The overall non-dominant hand ruler fall test on the first day versus the last day is that the results are obtained from a significance value of less than 0.05, a significance value of 0.001 which means there is an influence; (3)The overall hand-eye coordination test from the first day to the last day is a result obtained from a significance value of less than 0.05, a significance value of 0.000 which means there is an influence.
Conclusions This research can be concluded that the latto-latto game is able to have an effect or influence on children's motor skills, especially in the aspect of visual motor skills.
Keywords : Latto-latto game, motor skills, visual motor abilities
ABSTRAK
Pendahuluan Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari permainan latto-latto terhadap perkembangan kemapuan motorik terutama dalam aspek kemampuan motorik visual pada anak. Sumber data dari penelitian ini merupakan siswa kelas 6A dari sekolah SD Inpres Malengkeri Bertingkat.
Metode Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes koordinasi visual motorik yaitu uji jatuh penggaris tangan dominan dan tidak dominan, kemudian tes lempar tangkap bola. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis.
Hasil Penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa: (1) Hasil uji hipotesis pada variabel tes uji jatuh penggaris tangan dominan secara keseluruhan hari pertama terhadap hari terakhir adalah hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi kurang dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti ada pengaruh; (2) Tes uji jatuh penggaris tangan non dominan secara keseluruhan hari pertama terhadap hari terakhir adalah hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi kurang dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti ada pengaruh; (3) Tes koordinasi tangan mata secara keseluruhan hari pertama terhadap hari terakhir adalah hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi kurang dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti ada pengaruh.
Kesimpulan Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan latto-latto mampu memberikan efek atau pengaruh terhadap kemampuan motorik pada anak terutama dalam aspek kemampuan visual motorik.
Kata Kunci : Latto-Latto, Kemampuan Motorik, Kemampuan Visual Motorik
Downloads
Article Details
References
Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Prenada Media.
Akbar, R., Weriana, W., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental Research Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 465–474.
Amira, L. D., Wulandari, R. A., Kinasih, A. S., Firdaus, N. N., & Zulfikar, F. O. (2023). Increasing Parents’ Capacity in Caring for Children with Autism Spectrum Disorder Through Parenting Seminars. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(9), 2391–2400.
Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K., & Usriyah, S. (2019). Motorik Kasar Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 36–44.
Eliza Agus, T. (2023). Implementasi Metode Permainan Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iii Di Sd Negeri 2 Tajug Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri. Fadli, dr. R. (2022). kenali-manfaat-dan-risiko-dari-permainan-latto-latto. https:// www.halodoc.com/ artikel/kenali-manfaat-dan-risiko-dari-permainan-latto-latto
Hopeman, T. A. (2023). Does the clackers balls toys Make a student ’ s behavior change ? A literature review at elementary school. 1(01), 39–44.
Latifah, L., Suprawati, N. E., Yunitawati, D., Jayan, K., Paingan, D., & Sleman, D. I. Y. (2015). Potensi Guru Dan Tenaga Kesehatan Sebagai Pelaksana Stimulasi Koordinasi Visual Motorik Bagi Anak Di Daerah Endemik Gaki. Indonesian Journal of Micronutrition, 6(1), 150098.
Rahmania, T. (2023). Psikologi perkembangan. Sada Kurnia Pustaka.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Indigo Media.
Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora Fakultas Olahraga dan Kesehatan, 5(1), 17–27. Szabo, D., Ujică, A., & Ursu, O. (2021). Testing the eye-hand coordination and reaction speed in children aged between 10–14 years old. Geosport Soc, 15, 110–121.
Tifani, A. Z., & Nurhanifah, N. (2023). Implikasi Permainan Latto-Latto terhadap Aspek Perkembangan Anak yang Kecanduan Gadget. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 125–135.
Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342–351.
Yus, A., & Sari, W. W. (2020). Pembelajaran Di Pendidikan Usi Dini. Prenada Media.