PENGARUH FRUSTRASI DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU AGRESIF REMAJA SMPN X SURABAYA THE INFLUENCE OF FRUSTRATION AND PEER INFLUENCE ON AGGRESSIVE BEHAVIOR OF ADOLESCENTS AT SMPN X SURABAYA
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
Introduction Aggressive behavior is a tendency to behave with the intention to hurt others, either physically or psychologically, which shows negative feelings so that they can achieve the desired goals.
Purpose This study aims to determine the effect of frustration (X1) and peers (X2) on aggressive behavior (Y).
Method This research method uses quantitative research with a correlational approach. The population in this study were all classes of SMP Negeri X in Surabaya, with a research sample consisting of 3 classes with a total of 83 students. The data collection technique used a Likert scale with three scales consisting of a frustration scale, a peer scale, and an aggressive behavior scale. The analysis technique used the Spearman rho test using SPSS version 25.0. for windows.
Results The results of this study indicate that there is an influence on the frustration variable on aggressive behavior, with a significance of 0.005 (significance <0.05). There is no influence on the peer variable on aggressive behavior, with a significance of 0.589 (significance> 0.05).
Conclusion There is an influence on the frustration variable on aggressive behavior, and there is no influence on the peer variable on aggressive behavior.
Keywords: frustration, peer influence, aggressive behavior
ABSTRAK
Pendahuluan Perilaku agresif adalah kecenderungan perilaku dengan niat untuk menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun psikologis yang memperlihatkan perasaan negatif sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frustrasi (X1) dan teman sebaya (X2) dengan perilaku agresif (Y).
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas dari SMP Negeri X di Surabaya, dengan sampel penelitian terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert dengan tiga skala yang terdiri dari skala frustrasi, skala teman sebaya, dan skala perilaku agresif. Teknik analisis menggunakan uji spearman rho dengan menggunakan SPSS versi 25.0. for windows.
Hasil Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada variabel frustrasi terhadap perilaku agresif, dengan signifikansi 0.005 (signifikansi<0,05). Tidak terdapat pengaruh pada variabel teman sebaya terhadap perilaku agresif, dengan signifikansi 0.589 (signifikansi>0,05).
Kesimpulan Terdapat pengaruh pada variabel frustrasi terhadap perilaku agresif, dan tidak terdapat pengaruh pada variabel teman sebaya terhadap perilaku agresif.
Kata kunci: frustrasi, teman sebaya, perilaku agresi
Downloads
Article Details
References
Ainni, N., & Rusli, D. (2022). Hubungan Peer Influence Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja si Sungai Penuh Kerinci. Jurnal Riset Psikologi, 5(2), 1–8.
Anwar, D. F., & Anidar, J. (2019). Hubungan antara Frustrasi dengan Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas IX di MTsN 1 Pesisir Selatan. 87–99.
Aurellia, S., & Indrawati, E. (2024). Hubungan antara Kematangan Emosi dan Pola Asuh Otoriter dengan Perilaku Agresif Siswa di SMAN 1 Jambi. Psikologi Kreatif Inovatif, 4(1), 38–46. https://doi.org/10.37817/psikologikreatifinovatif.v4i1.3271
Eka Pratiwi, N., & Murdiana, S. (2024). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa SMA X Sungguminasa. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(2), 396–403.
Fadlin, & Tahir, M. R. (2022). Self-Control and The Relationship With Student’s Aggressive Behavior. Jurnal Attending, 1(3), 541–552.
Hardining, S., & Erliana, Y. D. (2023). Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Psimawa, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.36761/jp.v6i1.2943
Kornienko, O., Davila, M., & Santos, C. E. (2019). Friendship Network Dynamics of Aggressive and Rule-Breaking Antisocial Behaviors in Adolescence. Journal of Youth and Adolescence, 48(10), 2065–2078. https://doi.org/10.1007/s10964-019-01109-9
Liu, H., Dou, K., Yu, C., Nie, Y., & Zheng, X. (2021). The relationship between peer attachment and aggressive behavior among chinese adolescents: The mediating effect of regulatory emotional self-efficacy. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(13). https://doi.org/10.3390/ijerph18137123
Margaretha, T., & Soetjiningsih, C. H. (2023). Pola Asuh Otoriter dan Perilaku Agresif Siswa/Siswi Kelas XII SMA Lentera Harapan. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(6), 1845–1858.
Nurjanah, A., & Suharso, S. (2023). Faktor Penyebab Perilaku Agresi Verbal Siswa SMK Swasta di Kota Semarang. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 7(1), 108. https://doi.org/10.21043/konseling.v7i1.22461
Pandri, D. P., & Netrawati, N. (2022). Peran perhatian orangtua untuk mengatasi perilaku agresif siswa SMP. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 45–48. https://scholar.archive.org/work/ujwnviogmze3jlh5cr3fiyfjka/access/wayback/https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/download/1492/1066
Pratiwi, H. D., Situmurang, N. Z., & Yuzarion. (2019). Gambaran Agresitivtas Remaja. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 2, 227–233.
Purnawan, R A, & Situmurang, N. Z. (2021). Peranan regulasi emosi, kontrol diri, penerimaan diri terhadap perilaku agresif siswa Smp di Yogyakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial …. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/view/10777
Purnawan, Ragil Adi, & Situmurang, N. Z. (2021). Peranan Regulasi Emosi, Kontrol Diri, Penerimaan Diri terhadap Perilaku Agresif Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 205–212. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1595
Ramadani, M. S., Nelia, A., & Diny, A. (2022). Description Of Aggression Behavior On Student Thatinvolved In Mass Brawlat SMK Y Padang City. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(8), 1557–1566. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Riyanti, D. E. (2021). Hubungan Frustrasi dengan Perilaku Kekerasan pada Remaja : Literature Review. Borneo Student Research, 3(1), 352–361.
Salenussa, M. N., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Pola Asuh Otoriter (Authoritarian Parenting) Dan Perilaku Agresif Pada Siswa Di Salah Satu Sma Di Maluku Tengah. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 1085–1092. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i3.4071
Santoso, G., Salsabilla, E., Murod, M., & Faznur, L. S. (2023). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Karakter Cinta Damai Anak. Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ), 02(01), 107–113.
Sapitri, I., & Tanggerang, S. Y. (2021). HUBUNGAN ANTARA VERBAL ABUSE ORANGTUA DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SMAN 14 KABUPATEN TANGERANG The Relationship Between Parents’ Verbal Abuse With Aggressive Behavior In Adolescents At Sman 14 Tangerang Regency. Nusantara Hasana Journal, 1(7), 107–116.
Saputra, W. N. E., Hanifah, N., & Widagdo, D. N. (2024). Perbedaan Tingkat Perilaku Agresi Berdasarkan Jenis Kelamin pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 142–147. https://doi.org/10.17977/um001v2i42017p142
Saraswati, F. I., Anas, M., & Umar, F. N. (2023). Agresivitas Siswa Dan Penanganannya: Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi An-Nas. Pinisi Journal Of Art, Humanity & Sicoal Studies, 3(2), 202–210.
Sun, Y., & Sun, M. (2021). How peer influence mediates the effects of video games playing on adolescents’ aggressive behavior. Children and Youth Services Review, 130(December 2020), 106225. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106225
Zahrani, & Ambarini, T. K. (2019). Pelatihan Kontrol Diri untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa. Analitika, 11(2), 104–113. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2798
Zulaiha, Husen, M., & Bakar, A. (2019). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF PADA SISWA. 4, 1–154.