Pendampingan Belajar Calistung Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Anak-Anak di Desa Dusun Mudo
DOI:
https://doi.org/10.22437/jppm.v3i1.30469Keywords:
keterampilan calistung, literasi, motivasi belajar, pendampingan belajarAbstract
Kegiatan pendampingan belajar untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan bagi anak-anak di Posko 6, Desa Dusun Mudo. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan calistung siswa melalui pendampingan belajar yang difasilitasi oleh mahasiswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pendekatan edukatif melalui penyuluhan dan pelatihan yang disertai dengan demonstrasi sebagai bentuk percontohan dalam mengembangkan keterampilan tertentu. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan calistung siswa, disertai dengan meningkatnya motivasi belajar dan antusiasme peserta dalam mengikuti proses pendampingan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendampingan belajar memberikan kontribusi positif terhadap penguatan keterampilan dasar siswa. Oleh karena itu, program pendampingan belajar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan calistung dan motivasi belajar siswa di Desa Dusun Mudo. Selain itu, hasil kegiatan ini dapat menjadi acuan bagi pelaksanaan program pengabdian selanjutnya yang berfokus pada pendampingan pembelajaran dan pengembangan keterampilan dasar literasi dan numerasi.
Downloads
References
Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464
Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746
Damayanti, A., Isdayanti, M., Pramuditha, I., Wardana, M. R., & Ridho, M. (2023). Pendampingan Belajar Calistung untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Desa Humbang Raya. BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2), 314–321. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v5i2.7411
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121
Darmayanti, N. W. ., & Sueca, I. N. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar di Rumah Bagi Siswa SD Dusun Buruan Tampaksiring untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2206
Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori dalam Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung Tingkat Permulaan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3
Evitarini, A. (2018). Program Bimbingan Akademik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.
Febriani, D. N., Salaras, F. W., Amelia, M., Ariana, R. D., & Mulyana, E. (2021). Peningkatan Kualitas Calistung Anak Usia Sekolah Dasar di RW. 06 Desa Ciporeat melalui Pendekatan BCCT (Beyond Center and Circles Time). Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(60). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1010/910
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1). https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Herdawati, S., Mahmudin, M., & Ruwaida, H. (2022). Analisis Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Calistung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8089–8096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3726
Idhamani, A. P. (2020). Dampak Teknologi Informasi terhadap Minat Baca Siswa. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(1). https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art4
Kelian, Y. S. (2023). Belajar Baca Tulis (CALISTUNG) untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 65–68. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.65-68
Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
Kurniawan, A., Lau, W., Don, H., Lelo, S., Yosephina, F., Lukas, Y., … Lopes Amaral, M. A. (2022). Pelaksanaan Program KKN Berbasis Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung Bagi Anak Sekolah di Desa Duarato. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 619–624.
Kurniawati, D. C., Kurniawati, P., Agustino, D. A., & Aprisco, H. (2023). Program Bimbingan Belajar Calistung (Membaca, Menu-lis, Berhitung) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak di Desa Dorogowok. Jurnal Pengabdian Indonesia. https://doi.org/10.47134/jpi.v1i1.2086
Kusuma, A. W., & Sari, C. K. (2023). Penerapan Model Belajar Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22936
Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Machromah, I. U., Mahendra, A., Dianingsih, F. R., Indriani, N., Agustina, D. R., Fatimah, S., … Zainuddin, A. (2020). Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10796
Mahendra, Y., Apriza, B., & Rohmani, R. (2022). Learning Loss Pembelajaran Calistung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9294–9303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3798
Noor, I. H. M. (2022). Model Membaca, Menulis, dan Berhitung di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(071), 329–353. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i071.3090
Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1). https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Putra, P. A. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Dengan Multimedia Interaktif. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 19–24. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3016
Sihotang, E., Silitonga, D. P., Sitorus, S. R., & Sinaga, D. (2023). Melatih Anak Membaca, Menulis dan Berhitung di Desa Sianipar Siopatopat Balige. Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.53547/realcoster.v6i1.244
Silalahi, J., Galingging, C. K., Hutabarat, L. E., Hutabarat, D. S., Sembiring, A. R., & Siahaan, R. Y. (2023). Bimbingan Belajar Calistung (Membaca, Menulis Dan Berhitung) Gratis Bagi Siswa Sekolah Dasar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 804–812. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5520
Siten, A. D. (2023). Patisipasi Orang tua dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung pada Anak SD Kelas Awal di Pendidikan Luar Sekolah. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5704–5712.
Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung dan Motivasi Belajar. Communnity Development Journal, 4(2), 1234–1239.
Wardhani, S. W., Hasyim, A., & Rosidin, U. (2015). Evaluasi Pembelajaran Membaca, Menulis, dan Berhitung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, Vol. 2.
Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2020). Dampak Era Digital terhadap Minat Baca Remaja. JUBAH RAJA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 22.
Zunaldi, Z., & Falikah, T. Y. (2021). Peningkatan minat baca melalui teknologi informasi. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2(1), 299–303.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Farhan, Lusi Handayani, Nurul Adila, Rio Purnama Putra, Dimas Candra Kurniawan, Dico Albazar Hakiki, Arya Pradana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.