Optimalisasi Olahraga Voli untuk Mengurangi Kecanduan Anak Bermain Handphone di Desa Pinang Gading

Authors

  • Ary Dean Amri Universitas Jambi
  • Citra Darminto Universitas Jambi
  • Budi Ardianto Universitas Jambi
  • Zidane Febri Kurniawan Universitas Jambi
  • Anasrul Anasrul Universitas Jambi
  • Rahmat Firdaus Firdaus Universitas Jambi
  • Muhtarul An’am Universitas Jambi
  • Faradiba Ranida Ali Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jppm.v3i1.30660

Keywords:

aktivitas fisik anak, kecanduan handphone, kegiatan positif, olahraga voli, pengurangan screen time

Abstract

Gadget merupakan alat komunikasi yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaannya kini tidak terbatas pada orang dewasa saja, melainkan juga telah menjangkau anak-anak, bahkan yang berusia enam tahun atau di bawahnya. Fenomena ini semakin marak terjadi dan memunculkan kekhawatiran tersendiri, terutama terkait dengan potensi kecanduan yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun psikis. Sebagai bentuk antisipasi terhadap dampak negatif tersebut, tim pengabdian masyarakat di Desa Pinang Gading menawarkan olahraga voli sebagai alternatif kegiatan positif yang dapat menyalurkan energi anak-anak ke arah yang lebih sehat dan produktif. Selama pelaksanaan program, kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapat respons yang sangat positif serta antusiasme tinggi dari peserta. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa kendala teknis dalam permainan, seperti pemain memukul bola dua kali secara berurutan, yang merupakan pelanggaran, serta keterlambatan dalam melakukan servis akibat terlalu lama mengambil ancang-ancang. Hal ini menjadi catatan penting untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut dalam sesi latihan berikutnya agar pemahaman dan keterampilan teknis siswa-siswi dapat meningkat secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amadi, A. S. M. (2023). Pendidikan di Era Global: Persiapan Siswa untuk Menghadapi Dunia yang Semakin Kompetitif. Educatio, 17(2), 153–164. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9439

Anugrah, A., Abbas, M. H., Rusdi Untung, A., Supriadi, A., Tokang, M., & Azizah Azka, N. (2022). Sosialisasi Dampak Negatif Gadget pada Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JurDikMas) Sosiosaintifik, 4(1), 40–42. https://doi.org/10.54339/jurdikmas.v4i1.416

Aprianti, M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi Terhadap Identitas Nasional Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 996–998. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2294

Bibi, S., Basit, A., & Hussain, M. (2023). The Effects of Co-Curricular Activities Upon Students’ Academic Achievements in Pakistan. Journal of Social Research Development, 4(4), 712–718. https://doi.org/10.53664/JSRD/04-04-2023-05-712-718

Buratehi, B. M. (2023). Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olah Raga Dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Besar dengan Gerakan Bermain Sepak Bola dan Bola Voli Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Kota Sorong. Jurnal Pendidikan, 11(1), 110–119. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.3344

Chikmah, A. M., & Fitrianingsih, D. (2018). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosianal Anak Pra Sekolah Di TK Pembina Kota Tegal. Siklus : Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 7(2), 295. https://doi.org/10.30591/siklus.v7i2.896

Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak di Sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22

Destriani, Yusfi, H., & Solahuddin, S. (2021). Sosialisasi dan Pendampingan Hasil Pengembangan Teknik Pembelajaran Permainan Bola Voli Bagi Guru Penjaskes. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 1(2), 1–8. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dharmapendidikan

Fajriah, W. (2020). Olahraga Cegah Kecanduan Anak Terhadap Gadget. Retrieved from https://health.okezone.com/read/2020/04/14/481/2199145/olahraga-cegah-kecanduan-anak-terhadap-gadget

Gulo, Y. K., Zalukhu, N., & Saogo, S. N. (2022). Sosialisasi Dampak Negatif Gadget Terhadap Kehidupan Rohani Anak Dusun Payok Desa Lamoanak Kecamatan Menjalin. Jurnal PKM Setiadharma, 3(3), 147–156. https://doi.org/10.47457/jps.v3i3.297

Hermawan, D. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Moralitas Remaja (Studi SMK Swasta Putra Bunda Tanjung Pura) Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 88–93. https://doi.org/10.37755/jspk.v8i1.136

Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2022). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159

Hite, R., & Taylor, D. (2021). Fostering Interest in and Motivation for STEM: An Illustrative Case Study of Middle Grade Students’ Experiences in Out of School (OST) STEM Activities. Journal of Interdisciplinary Teacher Leadership, 5(1). https://doi.org/10.46767/kfp.2016-0035

Iftaqul Janah, A., & Diana, R. (2023). Dampak Negatif Gadget pada Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Generasi Emas, 6(1), 21–28. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2023.vol6(1).9365

Kasriani, N. W., Marsono, M., & Ariani, N. W. T. (2022). Model Parenting dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 5(2), 25–38. https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.19682

Kurnia, M., Jaya, I., Jalil, A. R., Arya, N., Samsuddin, S., Ilham, M., … A, R. (2020). KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat melalui Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin (JPMH), 1(1), 1–9. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jpmh/article/view/9579

Maulana, A. N., Putra, D. . A., & Ariska, I. D. (2021). Dampak Teknologi Gadget terhadap Perilaku Komunikasi Anak di Desa Tegal Arum. JOSTECH: Journal of Science and Technology, 1(2), 149–156. https://doi.org/10.15548/jostech.v1i2.3047

Muhammad, S., & Nasir Kiazai, D. A. (2022). A Study on Effects of Co-Curricular Activities on Academic Achievements of Public Secondary School Students of Zarghoon Town Quetta. International Research Journal of Education and Innovation, 3(1), 318–325. https://doi.org/10.53575/irjei.v3.01.28(22)318-325

Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of The 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1256

Palar, C. M., Wongkar, D., & Ticoalu, S. H. R. (2015). Manfaat Latihan Olahraga Aerobik Terhadap Kebugaran Fisik Manusia. Jurnal E-Biomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7127

Pratiwi, R. (2023). Tahap-Tahap Perkembangan Anak Usia 6-9 Tahun. Retrieved from https://hellosehat.com/parenting/anak-6- sampai-9-tahun/perkembangan-anak-usia-6-9- tahun/

Robingatin, Asiah, S. N., & Saputri, E. M. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Borneo Jurnal of Primary Education, 1, 93–101.

Rumlah, S. (2022). Budaya Olahraga di Masyarakat Sebagai Fenomena Sosial Terhadap Kesehatan Jiwa dan Kebugaran Jasmani Lansia. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(1), 94–100. https://doi.org/10.22437/jejak.v2i1.20481

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Andayati, D. (2022). Edukasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget dan Media Internet yang Berlebihan Bagi Anak-Anak. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 69–77. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.670

Singh, A. (2017). Effect of Co-Curricular Activities on Academic Achievement of Students. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies (ISSN 2455-2526), 6(3), 241. https://doi.org/10.21013/jems.v6.n3.p4

Solehudin, M. (2019). Kasus Anak Kecanduan Gadget di Jabar, Belasan Rawat Jalan-Ada yang Meninggal. 12 Februari 2019 14.40 Wib. Retrieved from https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5501680 /kasus-anak-kecanduan-gadget-di-jabar-belasan-rawat-jalan-ada-yang-meninggal

Sujarwo, S., & Widayat, W. (2020). Survei Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Bola Voli Mini di Sekolah Dasar. Physical Activity Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604

Wahyuni, A. S., Siahaan, F. B., Arfa, M., Alona, I., & Nerdy, N. (2019). The Relationship between the Duration of Playing Gadget and Mental Emotional State of Elementary School Students. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 7(1), 148–151. https://doi.org/10.3889/oamjms.2019.037

Yana, M. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Elekrina Kertapati Palembang). PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 78–93. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.3840

Published

30-03-2024

How to Cite

Amri, A. D., Darminto, C. ., Ardianto, B., Kurniawan, Z. F., Anasrul, A., Firdaus, R. F., … Ali, F. R. (2024). Optimalisasi Olahraga Voli untuk Mengurangi Kecanduan Anak Bermain Handphone di Desa Pinang Gading. BangDimas Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 29–37. https://doi.org/10.22437/jppm.v3i1.30660