Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Point Bagi Siswa Kelas IV SDN 88/VII Sarolangun

Authors

  • Lia Amelia Amelia Universitas Terbuka
  • Ceria Varuca Universitas Terbuka
  • Walyda Fitriani Universitas Terbuka
  • Hasrudi Adinata Universitas Terbuka

Keywords:

Keterampilan, Membaca Intensif, Teknik Point

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui point pada siswa kelas IV SDN 88/VII Penegah II Kec. Pelawan Kab. Sarolangun tahun pelajaran 2024/2025. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil Kemampuan Membaca Intensif Melalui Point. Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sd Negeri 88/VII Penegah II Kec. Pelawan Kab. Sarolangun. Pelaksanaan penelitian dimulai dari Oktober 2024 sampai dengan Desember 2024 dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca intensif siswa yang didapat melaui tes membaca intensif yang diberikan yaitu pada tahap awal diperoleh hasil ketuntasan belajar secara klasikal 27,7 % dengan rata-rata nilai kelas 57,2, dan pada siklus I sebesar 66,6 % secara klasikal dengan rata-rata 69,4, sedangkan pada siklus II sebesar 88,8 % secara klasikal dengan rata-rata 85,5. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat peneliti simpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan teknik point dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa SD.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bibis, L. (2019). “Penerapan Teknik POINT dalam Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 89.

Depdiknas. (2005). Teknik Membaca Intensif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Destrinelli, D., Hayati, S., & Pamela, I. S. (2020). Penanaman nilai karakter melalui sistem bercocok tanam hidroponik di SD. Jurnal Abdi Pendidikan, 1(2), 148-152.

Hernowo. (2015). Membaca dan Menulis Kreatif. Bandung: Mizan.

Meliyawati, M.Pd. (2016). Strategi Pembelajaran Membaca. Jakarta: Grasindo.

Permadi, M. F., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Saddhono, K., & Slamet, S. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Santosa, H. (2008). Pengembangan Keterampilan Membaca dan Menulis. Jakarta: Erlangga.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan media pop-up book berbasis budaya lokal keberagaman budaya bangsaku peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138-150.

Sholeh, M. (2022). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Prodi PGSD Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(11), 479-491.

Sholeh, M. (2022). Analisis Dukungan Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Sekolah Dasar Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, universitas jambi).

Sholeh, M. (2023). Sosialisasi Model Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sdit Aulia, Muara Bulian. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(3), 118-125.

Sholeh, M., & Aini, N. (2023). Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Media Card Sort Muatan IPA Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 1686-1692.

Sholeh, M., & Yantoro, Y. (2022). Implementasi Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah Di Sekolah Penggerak (Studi Analisis Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah Mitra Universitas Jambi). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(2), 161-80.

Syahrial, S., & Sholeh, M. (2022). Upaya Guru Menanamkan Pendidikan Karakter Disiplin dan Jujur Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Tarigan, H. G. (2008). Pengajaran Membaca. Bandung: Angkasa.

Tri Astutik, D., Kuntarto, E., & Hayati, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Wilsani, W., Chan, F., Sholeh, M., & Putriani, Z. (2023). Analysis of the Implementation of the Pancasila Student’s Profile for Strengthening Project in the Merdeka Curriculum in Indonesia’s Elementary Schools. At-Taqaddum, 15(2), 126-139.

Yantoro, Y., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah Mengembangkan Sekolah Unggul di Masa Pandemi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(6), 1675-1685.

Yantoro, Y., & Sholeh, M. (2022). Sosialisasi Program Sekolah Penggerak di SD Muhammadiyah Singkut. Abdimas Galuh, 4(2), 1368-1375.

Yantoro, Y., & Sholeh, M. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Perilaku Perundungan (Bulliying) Bagi Peserta Didik Di Kelas Tinggi (Doctoral dissertation, universitas jambi).

Yantoro, Y., Hayati, S., & Rahmad, R. (2021). Strategi penilaian pembelajaran Matematika pada masa pandemi Covid-19 di kelas tinggi sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(1), 21-31.

Yantoro, Y., Sholeh, M., & Darwansyah, A. (2021). Analisis Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah Mewujudkan Sekolah Unggul di Masa Pandemi Melalui Pengembangan Hubungan Sekolah dengan Wali Murid. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 53-57.

Downloads

Published

2025-04-06

How to Cite

Amelia, L. A., Varuca, C., Fitriani, W., & Adinata , H. (2025). Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Point Bagi Siswa Kelas IV SDN 88/VII Sarolangun. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 4(1), 1–14. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/39927

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.