Analisis Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV
Keywords:
PBL (Problem Based Learning), Berfikir Kritis, Materi IPASAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis kurang atau belum baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi dokumen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes tertulis, wawancara , dan dokumentasi. Informan dalam wawancara adalah siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dari setiap kategori kemampuan berfikir kritis. Berdasarkan penelitian ini, dari lima kategori yang sudah ditentukan terdapat empat kategori yaitu subjek dalam kategori sangat rendah dengan rentang nilai (0 – 20) memiliki kemampuan berfikir kritis sangat kurang, subjek dalam kategori rendah dengan rentang nilai (21 – 40) memiliki kemampuan berfikir kritis yang kurang baik, subjek dalam kategori sedang dengan rentang nilai (41-60) memiliki kemampuan berfikir kritis yang cukup baik, dan subjek dalam kategori tinggi dengan rentang nilai (61 – 80) memiliki kemampuan berfikir kritis yang baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4 SD Negeri Surodadi 1 berada pada kategori yang berbeda.
Downloads
References
Alimuddin, Johar. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 4(02): 67–75. doi:10.46772/kontekstual.v4i02.995.
Aryanto, Herdi, Meyla Dewi Azizah, Vicky Annisa Nuraini, and Ledy Sagita. 2021. “Inovasi Tujuan Pendidikan Di Indonesia.” JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik 2(10): 1430–40. doi:10.47387/jira.v2i10.231.
Fajriati, Adinda Salwa, Megan Asri Humaira, and Irwan Efendi. 2024. “Hambatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Aplikasi Quizizz.” Karimah Tauhid 3(4): 5036–47. doi:10.30997/karimahtauhid.v3i4.13029.
Marudut, Masani Romauli Helena, Ishak G Bachtiar, Kadir, and Vina Iasha. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA.” JURNAL BASICEDU: Research & LearninginElementary Education 4(3): 577–85.
Nevi Novelita, Darmansyah. 2022. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 08(02). doi:10.2207/jjws.91.393.
Rahaju , Tatik Retno Murniasih , Sumaji, Muchtadi. 2024. “Hambatan Didaktis Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.” 4(July): 712–22.
Rivas, Silvia F., Carlos Saiz, and Carlos Ossa. 2022. “Metacognitive Strategies and Development of Critical Thinking in Higher Education.” Frontiers in Psychology 13(June). doi:10.3389/fpsyg.2022.913219.
Safrudin, Rizal, Zulfamanna, Martin Kustati, and Nana Sepriyanti. 2023. “Penelitian Kualitatif.” Journal Of Social Science Research 3(2): 1–15.
Widodo, Slamet, Adhy Putri Rilianti, Wulida Arina Najwa, M. Misbachul Huda, and Anang Fathoni. 2023. “Kebijakan Kurikulum Merdeka Dan Implementasinya Di Sekolah Dasar.” Journal of Professional Elementary Education 2(2): 176–91. doi:10.46306/jpee.v2i2.48.
Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, and Nizmah Maratos Soleha. 2019. “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.” Jurnal Buana Pengabdian 1(1): 66–72. doi:10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Retno Dwi Lestari Lestari, Yunita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.