Motif Naratif Fiksi Postmodern dalam Novel Anak Gembala yang Tertidur Panjang di Akhir Zaman Karya A. Mustafa Kajian Postmodernisme Linda Hutcheon

Authors

  • Intan Helendia Putri Universitas Jambi
  • Warni Warni Universitas Jambi
  • Liza Septa Wilyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/kalistra.v1i2.20296

Keywords:

motif, naratif, postmodern, fiksi, novel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif naratif fiksi postmodern dalam novel AGTPAZ menggunakan kajian postmodernisme Linda Hutcheon. Metode pada penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan motif naratif fiksi postmodern dengan kajian poetika postmodernisme Linda Hutcheon di dalam novel AGTPAZ berkaitan dengan persoalan legitimasi dan bentukan perspektif yang dilakukan oleh sebagian orang untuk memperoleh tujuannya. Hal tersebut tergambar dari isu-isu mengenai Ahmadiyah dan praktik politik di Indonesia, dan representasi politik terhadap pelaku LGBT. Motif naratif fiksi postmodern menunjukkan, bahwa novel AGTPAZ memiliki kebaruan estetika dan stilistika yang menjadikan karya sebagai bentuk kritis di masa lalu, bukan sebagai bentuk nostalgia. Bentuk kritis dalam fiksi postmodernisme tergambar dari fokus persoalan di dalam novel AGTPAZ yang kompleks dengan mengungkapkan berbagai ketimpangan sosial yang terjadi, seperti humanisme universal, tidak terjebak pada doktrin, dan memandang fakta individual seperti seksualitas sebagai masalah yang manusiawi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Martha, Innezdhe. A. (2017). Novel Pulang Karya Leila S.Chudori:Analisis Postmodernisme Linda Hutcheon. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada. (diterbitkan).

Mustafa, Ahmad. (2018). Novel Anak Gembala yang Tertidur Panjang di Akhir Zaman. Shira Media: Yogyakarta.

Nurgiyantoro. Burhan. (2005). Teori Pengkajian Fiksi .Yogyakarta. Gadjah Mada

Nurhayati, Enung. (2018). Fenomena Potmodernisme dalam Kumpulan Cerpen Penangkaran Binatang Karya Whani Darmawan dan Adam Ma’rifat Karya Danarto. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.1. No. 1 Januari.

Pertanggungjawaban Dewan Juri Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta. (2018). hhtps://dkj.or.id/berita/pertanggungjawaban-DKJ-Novel-2018.

Pujihartono.(2017). Konstruksi Postmodern dalam Novel Larung. Jurnal LITERA. Vol.4. Nomor 1 Januari 2017.

Satriani, Irma. (2016). Postmodernisme dalam Novel Bilangan Fu Karya Ayu Utami. Jurnal Retorika. Vol. 9. No 1 Februari 2016 halaman 1-89.

Subianto, Slamet. (2021). Estetika Keseimbangan dalam Wayang Kulit Purwa: Kajian Strukturalisme Budaya Jawa. Jurnal Seni Budaya. Vol.19. No 1 Juli 2021.

Supriyadi. (2016). Postmodernisme Linda Hutcheon Poetics of Postmodernisme (1989) dan Politics of Postmodernisme (2002). Jurnal Poetika. IV(2) 129-133.

Syafruddin, Dudy. (2018). Riak-riak Postmodern dalam Cerpen Abracadabra karya Danarto. Jurnal Lingua Didaktika. Vol.2. No.1 Desember 2018.

Ummah, Aniqotul. (2016). Ahmadiyah dan Hak atas Kebebasan Beragama di Indonesia. Jurnal Keamanan Nasional. Vol 11, No.1.

Viktorikus. (2017). Cerpen Segitiga Emas Karya Seno Gumira Ajidarma: Analisis Postmodernisme Linda Hutcheon. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada. (diterbitkan).

Widayanti. Amelia. (2017). Cerpen Segulung Cerita Tua Karya Yanusa Nugroho: Analisis Postmodernisme Linda Hutcheon. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada. (diterjemahkan).

Yudari, Sri. (2021). Ratu Adil Satria Piningit dan Zaman Edan (Wacana Futurologi dalam Serat Kalatidha). Jurnal Ilmu Agama & Keduyaan. Vol.21.No. 1 April 2021

Downloads

Published

2022-09-16

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>